Hubungan antara Gaya Belajar dengan Keaktifan belajar pada Mata Pelajaran IPS Program Pendidikan Kesetaraan Paket B di SPNF SKB Wilayah II Kota Padang

Yenti, Reno Suri (2022) Hubungan antara Gaya Belajar dengan Keaktifan belajar pada Mata Pelajaran IPS Program Pendidikan Kesetaraan Paket B di SPNF SKB Wilayah II Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_04_RENO_SURI_YENTI_18005128_6666_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keaktifan warga belajar yang rendah pada mata Pelajaran IPS Program Pendidikan Kesetaraan Paket B di SPNF SKB Wilayah II Kota Padang. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1). Untuk menggambarkan gaya belajar, (2). Untuk menggambarkan keaktifan belajar serta, (3). Untuk melihat hubungan antara gaya belajar dengan keaktifan belajar pada Mata Pelajaran IPS Program Pendidikan Kesetaraan Paket B di SPNF SKB Wilayah II Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan jenis korelasi. Populasi penelitian adalah Warga belajar program pendidikan kesetaraan Paket B di SPNF SKB Wilayah II Kota Padang dari kelas VII, VIII dan IX. Teknik pengambilan sampel menggunakan Stratified Random Sampling. Teknik pengumpulan data berupa angket dengan alat pengumpulan data berupa daftar pertanyaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Gaya Belajar pada mata Pelajaran IPS Program Pendidikan Kesetaraan Paket B di SPNF SKB Wilayah II Kota Padang dikategorikan rendah. Keaktifan belajar pada mata Pelajaran IPS Program Pendidikan Kesetaraan Paket B di SPNF SKB Wilayah II Kota Padang tergolong rendah. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa rhitung˃ rtabel, dengan r hitung sebesar 0,693 dan r tabel sebesar 0,316. Didapatkan hubungan yang signifikan antara gaya belajar dengan keaktifan belajar pada mata Pelajaran IPS Program Pendidikan Kesetaraan Paket B di SPNF SKB Wilayah II Kota Padang. Disarankan agar tutor meningkatkan gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik agar warga belajar dapat dengan mudah memahami materi pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIrmawita, IrmawitaUNSPECIFIED
CorrectorSetiawati, SetiawatiUNSPECIFIED
CorrectorPutri, Lili DewiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: GAYA BELAJAR, KEAKTIFAN BELAJAR
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 12 Apr 2023 07:37
Last Modified: 12 Apr 2023 07:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43310

Actions (login required)

View Item View Item