Penerapan Standard Operating Procedure Pembelian Barang F&B Department oleh Purchasing Section di Kyriad Bumiminang Hotel.

Dasmini, Ivel (2022) Penerapan Standard Operating Procedure Pembelian Barang F&B Department oleh Purchasing Section di Kyriad Bumiminang Hotel. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_IVEL_DASMINI_18135021_5759_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesalahan yang sering terjadi pada saat pembelian barang F&B Department yang dilakukan oleh purchasing section di Kyriad Bumiminang Hotel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan standard operating procedure pembelian barang F&B department yang dilakukan oleh Purchasing section. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan data kualitatif.Sumber data dalam penelitian ini meliputi purchasing supervisor dan staff F&B department. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi.Data yang sudah diperoleh di analisis dengan reduksi, disajikan dalam display data deskriptif kemudian ditarik kesimpulan. Berdasarkan dari wawancara, observasi dan dokumentasi yang telah dilakukan ditemukan bahwa Standard operating procedure pembelian barang F&B department yang diterapkan ini bersifat fleksibel dan memperjelas alur kerja. Sementara itu hasil yang ditemukan dalam penelitian ini adalah penerapan 7 hal pokok pada standard operating procedure. (1) Efisiensi, Pembelian barang sudah dilakukan dengan tepat dan tidak membuang biaya dengan percuma. (2) Konsistensi, beberapa prosedur pembelian barang ada yang dilakukan secara konsisten dan ada yang dilakukan secara tidak konsisten .(3) Minimalisasi Kesalahan, Pembelian barang harus terarah dan sistematis. (4) Penyelesaian Masalah, standard operating procedure ini memuat sanksi, penyelesaian masalah dan pencegahan konflik yang mungkin akan terjadi. (5) Perlindungan Tenaga Kerja, belum memuat tata cara atau langkah-langkah yang dapat melindungi staf F&B Department dan Purchasing Section. (6) Peta Kerja, sudah dibuat sesuai pola – pola kegiatan kerja yang sudah tertata rapi. (7) Batasan Pertahanan, sudah memuat tentang pertahanan yang kokoh sehingga pihak luar tidak bisa merubah hal-hal yang sudah diterapkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSuyuthie, HijriyantomiUNSPECIFIED
CorrectorPasiribu, PasiribuUNSPECIFIED
CorrectorLisna, Yuke PertamaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: STANDARD OPERATING PROCEDURE, PEMBELIAN BARANG
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S2
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistik - D3
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 10 Apr 2023 03:03
Last Modified: 10 Apr 2023 03:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43269

Actions (login required)

View Item View Item