Pengembangan Media Explosion Box Braille untuk Kemampuan Pra Membaca bagi Peserta Didik Tuna Netra (Research and Development

Ramadhani, Nabila (2022) Pengembangan Media Explosion Box Braille untuk Kemampuan Pra Membaca bagi Peserta Didik Tuna Netra (Research and Development. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_04_NABILA_RAMADHANI_18003102_7489_2022.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari permasalahan berdasarkan hasil observasi pada saat prosses pembelajaran yang sedang berlangsung, siswa hanya menggunakan reglet. Media yang dipakai guru kurang kreatif dan bervariasi hingga pembelajarannya kurang merangsang peserta didik dalam proses pembelajaran. Oleh sebab itu penulis ingin mengambangkan sebuah media pembelajaran untuk menunjang pembelajaran pra membaca pada peserta didik tunanetra. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (Reseach and development) dengan menggunakan model pengembangan 4D merupakan singkatan dari Define, Design, Development and Dissemination. Penelitian ini di validasi oleh beberapa ahli media yang dapat membantu serta efektif di gunakan dalam pembelajaran, terutama untuk tunanetra agar tuna netra mampu mengenal huruf braille serta, suku kata dan kalimat melalui penelitan pengembangan (R&D). Media Explosion box braille yang digunakan pada pembelajaran pra membaca yang telah dikembangkan memiliki rata-rata validitas dari ahli media, ahli materi, ahli pembelajaran Tunanetra dengan skor 92,40% kategori sangat valid dengan keterangan tidak perlu direvisi. Penilaian dari respon pendidik dan peserta didik mendapatkan hasil sebesar 82,5 % kategori sangat praktis. Maka disimpulkan bahwa media Explosion box braille dapat digunakan dalam proses belajar mengajar di kelas dalam meningkatkan kemampuan pra membaca bagi peserta didik tunanetra.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIrdamurni, IrdamurniUNSPECIFIED
CorrectorSopandi, Asep AhmadUNSPECIFIED
CorrectorTaufan, JohandriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PRA-MEMBACA, MEDIA EXPLOSION BOX BRAILLE
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 05 Apr 2023 02:42
Last Modified: 05 Apr 2023 02:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43246

Actions (login required)

View Item View Item