Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Science, Technology, Engineering, Mathematics (STEM) pada Materi Virus untuk Kelas X SMA

Fatillah, Noni (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Science, Technology, Engineering, Mathematics (STEM) pada Materi Virus untuk Kelas X SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_NONI_FATILLAH_17031104_983_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pengembangan LKPD berbasis STEM pada Materi Virus untuk Kelas X SMA merupakan upaya membantu peserta didik meningkatkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, inovatif dan kolaboratif yang sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman. LKPD yang digunakan peserta didik kelas X MIPA SMA Pembangunan Laboratorium UNP belum terintegrasi STEM, rendahnya kemampuan berpikir kritis dan kolaboratif peserta didik mendukung penerapan STEM pada LKPD. Pemilihan materi virus disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik yang kesulitan memahami materi tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengembangkan LKPD berbasis STEM tentang materi virus yang valid dan praktis sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Jenis penelitian yaitu penelitian pengembangan menggunakan model 4D yang terdiri dari 4 tahap yaitu tahap definisi, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Karena keterbatasan waktu dan dana, maka peneliti membatasi penelitian atas tiga tahap yaitu tahap definisi, perancangan dan pengembangan. Subjek penelitian adalah dua orang dosen biologi FMIPA UNP, satu orang guru biologi SMA Pembangunan Laboratorium UNP dan 30 orang peserta didik kelas X MIPA SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Data dalam penelitian ini adalah data primer. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu angket uji validitas dan praktikalitas. Berdasarkan hasil uji validitas, persentase penilaian LKPD berbasis STEM sebesar 79,74% dengan kriteria valid dan hasil uji praktikalitas sebesar 82,08% oleh guru dan 87,92% oleh peserta didik. Rata-rata nilai praktikalitas oleh guru dan peserta didik diperoleh sebesar 85% dengan kriteria sangat praktis, sehingga LKPD yang dikembangkan telah memenuhi kriteria dan dapat digunakan peserta didik dalam pembelajaran biologi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZulyusri, ZulyusriUNSPECIFIED
CorrectorFadilah, MuhyiatulUNSPECIFIED
CorrectorSelaras, Ganda HijrahUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QR Microbiology > QR355 Virology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 03 Apr 2023 03:15
Last Modified: 03 Apr 2023 03:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43217

Actions (login required)

View Item View Item