Hubungan Kualifikasi Akademik dan Persepsi Guru dalam Penggunaan Media Loose Parts terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Anak di Taman Kanak-kanak Kecamatan Padang Selatan

Trinanda, Meiza Anggi (2022) Hubungan Kualifikasi Akademik dan Persepsi Guru dalam Penggunaan Media Loose Parts terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Anak di Taman Kanak-kanak Kecamatan Padang Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_MEIZA_ANGGI_TRINANDA_ 20330007_5404_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan berpikir kritis anak kurang optimal Seperti anak kesulitan dalam mengungkapkan pendapat, anak kurang mampu menyebutkan penyebab dari suatu peristiwa yang terjadi, kurangnya respon anak terhadap pertanyaan guru, dan kurangnya antusias anak berbicara maupun mengungkapkan idenya. Kemampuan berpikir kritis seharusnya sudah ditunjukkan saat usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan; (1) hubungan kualifikasi akademik guru terhadap kemampuan berpikir kritis anak, (2) hubungan persepsi guru dalam penggunaan media loose parts terhadap kemampuan berpikir kritis anak, dan (3) hubungan penggunaan media loose parts dan kualifikasi akademik guru terhadap kemampuan berpikir kritis anak usia dini. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru Taman Kanak-kanak Kecamatan Padang Selatan dengan jumlah sampel sebanyak 26 orang guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) secara parsial kualifikasi akademik dan kemampuan berpikir kritis memperoleh nilai signifikansi 0,006 < 0,05 yang berarti terdapat hubungan antara kualifikasi akademik terhadap kemampuan berpikir kritis anak usia dini, (2) secara parsial persepsi guru dalam penggunaan media loose parts dan kemampuan berpikir kritis memperoleh nilai signifikansi 0,01 < 0,05 yang berarti terdapat hubungan signifikan, dan (3) kedua variabel tersebut secara simultan berhubungan secara signifikan dengan kemampuan berpikir kritis pada anak hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai sig 0,001 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan secara simultan atau bersamaan antara variabel penggunaan media loose parts dan kualifikasi akademik, terhadap kemampuan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYaswinda, YaswindaUNSPECIFIED
CorrectorRakimahwati, RakimahwatiUNSPECIFIED
CorrectorEliza, DelfiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KUALIFIKASI AKADEMIK, LOOSE PARTS, KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 31 Mar 2023 08:07
Last Modified: 31 Mar 2023 08:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43205

Actions (login required)

View Item View Item