Pengembangan E-modul Hidrokarbon Berbasis Guided Discovery Learning untuk Kelas XI SMA/MA

Elsoraya, Najmi (2022) Pengembangan E-modul Hidrokarbon Berbasis Guided Discovery Learning untuk Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_NAJMI_ELSORAYA_18035152_1823_2022.pdf

Download (945kB) | Preview

Abstract

Pada materi hidrokarbon terdapat banyak pengetahuan konseptual, faktual dan prosedural yang harus dikuasai oleh siswa. Komponen keberhasilan pembelajaran salah satunya ditentukan oleh kualitas bahan ajar yang diberikan kepada siswa. Bahan ajar yang baik harus dirancang dengan mempertimbangkan kebutuhan dari peserta didik. Karena itu diperlukannya suatu bahan ajar yang mampu memenuhi kebutuhan siswa dalam memahami materi hidrokarbon berupa e-modul hidrokarbon berbasis guided discovery learning yang valid dan praktis. Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan dan menganalisis validitas, praktikalitas dan efektivitas dari e-modul yang dikembangkan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian educational design research menggunakan model Plomp. Uji validitas e-modul dilakukan oleh tiga orang dosen kimia FMIPA UNP dan dua orang guru SMA Negeri 1 Lintau Buo. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket validitas dan dianalisis menggunakan formula Aikens‟V. Tahap pertama validasi didapatkan rata-rata nilai V 0,82 dengan aspek pada komponen isi dan komponen penyajian tidak valid. Tahap validasi kedua didapatkan rata-rata validitas e-modul sebesar 0,86(valid) dengan semua aspek sudah valid. Uji praktikalitas e-modul dilakukan oleh enam orang siswa dan dua orang guru kimia SMA Negeri 1 Lintau Buo. Berdasarkan uji praktikalitas siswa diperoleh rata-rata persentase 0,82(sangat praktis). Berdasarkan angket respon guru diperoleh rata- rata persentase sebesar 0,86(sangat praktis). Analisis efektivitas menggunakan rumus N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata N-Gain yang didapatkan adalah 0,20 dengan kategori rendah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa e-modul hidrokarbon berbasis guided discovery learning untuk kelas XI SMA/MA yang dikembangkan telah valid, praktis dan belum efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYerimadesi, YerimadesiUNSPECIFIED
CorrectorGuspatni, GuspatniUNSPECIFIED
CorrectorFitriza, ZonaliaUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 31 Mar 2023 01:04
Last Modified: 31 Mar 2023 01:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43198

Actions (login required)

View Item View Item