Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Make A Match di Kelas V SDN 27 Anak Air Padang.

Utari, Oktria (2022) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Make A Match di Kelas V SDN 27 Anak Air Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_06_OKTRIA_UTARI_17129391_5045_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan-kenyataan bahwa RPP ang digunakan guru adalah RPP yang ada pada buku guru belum dikembangkan terlebih dahulu sehingga pembelajaran tampak menoton. Sehingga hal ini berdampak pada hasil belajar peserta didik yang rendah. Tujuan penelitian ini secara umum adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada tematik terpadu menggunakan model Cooperative Learning tipe Make A Match di kelas V SDN 27 Anak Air Padang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Di setiap siklus memiliki empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik yang berjumlah 32 orang, terdiri dari 12 orang laki-laki dan 20 orang perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumen analisis, observasi, tes, dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar mengalami peningkatan. Rata-rata nilai RPP siklus I yaitu 83,32% (B) dan pada siklus II meningkat menjadi 97,22% (A). Rata-rata nilai pelaksanaan aktivitas guru siklus I yaitu 85,93% (B) dan meningkat pada siklus II yaitu 96,87% (A). Rata-rata nilai aktivitas peserta didik siklus I 85,93% (B) meningkat pada siklus 97,22% (A). Rata-rata hasil belajar siklus I 80,46 (C) dan meningkat pada siklus II 93,16 (A). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Cooperative Learning Tipe Make A Match dapat meningkatkan pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMansurdin, MansurdinUNSPECIFIED
CorrectorEliyasni, RifdaUNSPECIFIED
CorrectorNingsih, YarisdaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, TEMATIK TERPADU, MAKE A MATCH
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 12 Apr 2023 02:33
Last Modified: 12 Apr 2023 02:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43188

Actions (login required)

View Item View Item