Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Untuk Siswa Kelas X SMAN 2 Lengayang

Sari, Mita Purnama (2022) Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Untuk Siswa Kelas X SMAN 2 Lengayang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_MITA_PURNAMA_SARI_17029034_445_2022.pdf

Download (577kB) | Preview

Abstract

Perangkat pembelajaran adalah sekumpulan sumber belajar yang memungkinkan peserta didik dan guru dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Pada kurikulum 2013, peserta didik dituntut agar terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Akan tetapi, berdasarkan investigasi awal diperoleh bahwa perangkat pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran masih belum cukup optimal dalam memfasilitasi peserta didik untuk terlibat aktif dalam menemukan dan mengkontruksi konsep yang dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran pada materi SPLTV yang valid dan praktis dengan menggunakan pendekatan PMRI. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Plomp yang terdiri dari tiga tahap, yaitu Preliminary research, development or prototyping phase, dan assessment phase. Pada tahap preliminary research dilakukan analisis kebutuhan, analisis kurikulum, analisis konsep, dan analisis peserta didik.. Tahap development or prototyping phase dilaksanakan kegiatan merancang perangkat pembelajaran dengan pendekatan PMRI pada pokok bahasan sistem persamaan linear tiga variabel. Selain itu, dilakukan evaluasi formatif aterhadap prototype perangkat pembelajaran dengan pendekatan PMRI yang telah dibuat yang terdiri dari evaluasi sendiri, evaluasi perorangan, dan evaluasi kelompok kecil. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran dengan pendekatan PMRI pada pokok bahasan sistem persamaan linear tiga variabel dikategorikan valid dan praktis. Perangkat pembelajaran dengan pendekatan PMRI yang valid dari segi aspek kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafikan. Rata-rata nilai validitas yang diperoleh sebesar 3,34 dengan kategori sangat valid. Karakteristik perangkat pembelajaran dengan pendekatan PMRI yang valid adalah (1) menyajikan masalah kontekstual yang dekat dengan kehidupan peserta didik; (2) mencerminkan prinsip dan karakteristik PMRI; (3) menuntun peserta didik dalam mengkonstruksi pengetahuannya sendiri. perangkat pembelajaran dengan pendekatan PMRI yang praktis dari segi kemudahan dan manfaat penggunaan, efisiensi waktu, dan kemenarikan sajian. Rata-rata nilai praktikalitas yang diperoleh sebesar 3,57 dengan kategori sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAsmar, AliUNSPECIFIED
CorrectorMukhni, MukhniUNSPECIFIED
CorrectorTasman, FridgoUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 29 Mar 2023 02:08
Last Modified: 29 Mar 2023 02:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43150

Actions (login required)

View Item View Item