Pengembangan Media Pembelajaran Audio-visual Bermuatan Literasi Sains Menggunakan Aplikasi Powtoon tentang Materi Keanekaragaman Hayati untuk Peserta Didik Kelas X SMA

Sania, Khafiza (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Audio-visual Bermuatan Literasi Sains Menggunakan Aplikasi Powtoon tentang Materi Keanekaragaman Hayati untuk Peserta Didik Kelas X SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_KHAFIZA_SANIA_18031107_638_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Literasi sains berkaitan dengan kemampuan peserta didik dalam memahami proses terjadinya ilmu pengetahuan. Berdasarkan hasil studi PISA literasi sains peserta didik Indonesia masih tergolong rendah yang mana pada tahun 2015 Indonesia menduduki peringkat 67 dari 72 negara. Agar memudahkan peserta didik dalam meningkatkan kemampuan literasi sains diperlukan sebuah media dalam pembalajaran. Hasil observasi di SMA Pembangunan Laboratorium UNP menunjukan bahwa belum tersedianya media pembelajaran yang menarik untuk dapat meningkatkan literasi sains peserta didik. Powtoon merupakan aplikasi menarik yang dapat meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik. Oleh sebab itu, dilakukan penelitian pengembangan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran audio-visual bermuatanliterasisainstentang materi keanekaragaman hayati untukpesertadidik kelas X SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model Instructional Development Institute (IDI). Subjek penelitian adalah dua orang dosen biologi FMIPA UNP, satu orang guru biologi SMA Pembangunan Laboratorium UNP, dan 32 orang peserta didik kelas X MIA 1 SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Objek penelitian adalah media pembelajaran audio-visual bermuatanliterasisainstentang materi keanekaragaman hayati untukpesertadidik kelas X. Data penelitian adalah data validitas dan praktikalitas yang diperoleh secara langsung melalui pemberian angket validitas dan angket praktikalitas kepada subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa media pembelajaran audio-visual bermuatanliterasisainstentang materi keanekaragaman hayati untukpesertadidik kelas X SMAyang sangatvalid dengan rata-rata nilai validitas92,85%, sangat praktis bagi guru dengan rata-rata nilai praktikalitas 94,65% dan praktis bagi peserta didik dengan rata-rata nilai praktikalitas 85,19%. Maka dapat disimpulkan bahwa telah dihasilkan media pembelajaran audio-visual bermuatan literasi sains menggunakan aplikasi powtoon tetang materi keanekaragaman hayati untuk peserta didik Kelas X SMA sangat valid dan tingkat praktikalitas dengan kategori praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYogica, RelsasUNSPECIFIED
CorrectorRistiono, RistionoUNSPECIFIED
CorrectorSelaras, Ganda HijrahUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QL Zoology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 27 Mar 2023 02:17
Last Modified: 27 Mar 2023 02:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43116

Actions (login required)

View Item View Item