Efektivitas Model Problem Solving Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendraan Ringan di SMK Negeri 3 Bungo

Hidhayat, Fazrin (2022) Efektivitas Model Problem Solving Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendraan Ringan di SMK Negeri 3 Bungo. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_09_FAZRIN_HIDHAYAT_20073107_2617.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Model Problem Solving pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan di SMK Negeri 3 Bungo. Hasil belajar siswa yang masih minim disebabkan oleh model belajar mengajar yang belum beragam dalam melahirkan motivasi serta minat belajar dan mengarahkan keaktifan peserta didik. Maka dari itu penting menyelenggarakan riset dengan pengaplikasian model pembelajaran problem solving dalam rangka mengetahui efektivitas kepada hasil belajar peserta didik. Riset ini menerapkan penelitian eksperimen dengan kategori jenis penelitian pre-experimental dengan desain One Group Pretest Posttest. Kemudian subjek riset ini yaitu siswa kelas XI TKR 2 SMK Negeri 3 Bungo tahun ajaran 2022/2023, terdiri atas 24 orang siswa. Data dikumpulkan menerapkan instrumen tes yaitu soal-soal yang bersifat objektif. Pretest berfungsi sebagai data awal sebelum diberikan model pembelajaran problem solving kemudian posttest yang berfungsi sebagai akhir setelah diberikan model pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan peningkatan ketercapaian hasil belajar dan nilai rata-rata siswa. Rata-rata pretest siswa belum mencapai Standar Ketuntasan Minimum (SKM). Kemudian perlakuan (treatment) dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran problem solving sehingga dapat meningkatan pencapain hasil belajar siswa dan rata-rata nilai siswa, yang sudah mencapai KKM sesuai dengan uji posttest yang diberikan kepada murid. Ketercapaian belajar murid dapat hitung dari ketercapaiam klasikal sesuai dengan pedoman yang telah ditentukan. Setelah itu, hasil pretest dan posttest dapat dianalisa dengan model effect size dan Gain Ternormalisasi (N-Gain). Pada analisis menggunakan Effect Size mendapatkan efek yang besar dengan N-Gain diperoleh siswa dikategori sedang, artinya model pembelajaran menggunakan problem solving ini tepat untuk peningkatan hasil belajar murid pada mata pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan di kelas XI TKR 2 SMK Negeri 3 Bungo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSaputra, Hendra DaniUNSPECIFIED
CorrectorPurwanto, WawanUNSPECIFIED
CorrectorSugiarto, TotoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif - S1
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 24 Mar 2023 01:10
Last Modified: 24 Mar 2023 01:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43102

Actions (login required)

View Item View Item