Pengembangan Buku Digital Berbasis RANDAI Ter-integrasi Potensi Lokal pada Materi Keanekaragaman Hayati untuk Kelas X SMA/MA

Ulya, Husnatul (2022) Pengembangan Buku Digital Berbasis RANDAI Ter-integrasi Potensi Lokal pada Materi Keanekaragaman Hayati untuk Kelas X SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_HUSNATUL_ULYA_18031043_608_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Bahan ajar merupakan suatu komponen penting dalam proses pembelajaran. Salah satu bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran adalah buku, baik dalam bentuk cetak maupun digital. Buku digital merupakan bentuk bahan ajar yang sesuai dengan fenomena perkembangan zaman saat ini. Keberadaan buku yang belum menyertakan potensi lokal sebagai sumber belajar dan belum mengarahkan pada pembelajaran berbasis masalah mengakibatkan peserta didik memiliki pengetahuan yang rendah terhadap potensi lokal di daerahnya dan rendahnya keterampilan pemecahan masalah. Salah satu langkah yang dapat diambil untuk memecahkan masalah tersebut adalah dengan mengembangkan buku digital berbasis RANDAI yang terintegrasi dengan potensi lokal. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan Plomp. Penelitian ini terdiri dari tiga tahap yaitu preliminary research phase, development or prototyping phase dan assessment phase. Subjek penelitian adalah 3 orang dosen, 1 orang guru dan 31 orang peserta didik kelas X MIA 3 SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Objek penelitian adalah buku digital berbasis RANDAI terintegrasi potensi lokal pada materi keanekaragaman hayati. Instrumen penelitian yang digunakan antara lain yaitu berupa lembar angket self evaluation, expert review, one to one evaluation, small group evaluation dan angket praktikalitas. Uji yang dilakukan berupa uji validitas dan praktikalitas. Teknik analisis data menggunakan statistic deskriptif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, telah dihasilkan produk berupa buku digital berbasis RANDAI terintegrasi potensi lokal pada materi keanekaragaman hayati. Hasil uji validitas dengan nilai rata-rata 92,53% memenuhi kriteria sangat valid dari segi kelayakan isi, kebahasaan, penyajian dan kegrafikaan. Hasil uji praktikalitas oleh guru dan peserta didik dengan nilai rata-rata 89,42% memenuhi kriteria praktis dari segi kemudahan penggunaan, waktu pembelajaran, tampilan/daya tarik, pemahaman konsep/materi dan manfaat serta kebahasaan. Maka dapat disimpulkan buku digital berbasis RANDAI terintegrasi potensi lokal pada materi keanekaragaman hayati ini sangat valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArsih, FitriUNSPECIFIED
CorrectorAlberida, HeffiUNSPECIFIED
CorrectorRahmi, Yosi LailaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QK Botany
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 21 Mar 2023 00:47
Last Modified: 21 Mar 2023 00:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43073

Actions (login required)

View Item View Item