Dhinill Haq, Afdhal
(2022)
Analisis Penggunaan Ball Thrust Bearing Pada Pegas CVT Terhadap Torsi dan Daya Sepeda Motor Honda Vario 125.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Peneitian ini dilatar belakangi banyaknya masyarakat yang masih belum puas dengan performa sepeda motor honda vario 125 terutama pada saat tarikan awal motor terasa berat dan pada saat kondisi jalan mendaki tenaga motor terasa menurun. Banyak masyarakat melakukan modifikasi dengan menambah ball thrust bearing pada pegas CVT, dengan melakukan hal ini masyarakat merasa adanya peningkatan tenaga pada sepeda motor vario 125.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penggunaan Ball Thrust Bearing terhadap besarnya torsi dan daya serta peningkatannya pada sepeda motor Honda Vario 125. Penelitian ini termasuk pada penelitian eksperimen, kendaraan yang digunakan untuk penelitian ini ialah sepeda motor honda vario 125 tahun 2012 dan untuk pengujian torsi dan daya menggunakan alat dyno test. Pada peneltian ini yang menjadi variabel bebas ialah Ball Thrust Bearing dan pegas CVT, sedangkan yang menjadi variabel terikat ialah Torsi dan Daya pada sepeda motor, dan yang menjadi variabel kontrol ialah kondisi mesin sepeda motor standar, putaran mesin dan temperatur mesin. Hasil pengujian torsi dan daya dengan menggunakan dyno test menunjukan
bahwa adanya peningkatan pada torsi sebesar 5,26% dan peningkatan pada daya sebesar 5,30% setelah penambahan ball thrust bearing pada pegas CVT.
Actions (login required)
|
View Item |