Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas XI MIPA SMAN 14 Padang

Wardani, Fitri Anisa (2022) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas XI MIPA SMAN 14 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_FITRI_ ANISA_WARDANI_17029151_1721_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan salah satu aspek yang memiliki peranan penting dan menjadi salah satu tujuan yang harus dicapai peserta didik dalam pembelajaran matematika. Namun, kenyataannya kemampuan pemecahan masalah matematis yang dimiliki oleh peserta didik kelas XI MIPA SMAN 14 masih rendah. Hal ini terlihat dari latihan dan hasil penilaian harian peserta didik yang belum mampu menyelesaikan permasalahan matematis secara tepat sesuai dengan indikator-indikator pemecahan masalah matematis. Oleh karena itu, diperlukan suatu strategi yang tepat dalam kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah Problem Based Learning (PBL). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar menggunakan model Problem Based Learning dan membandingkannya dengan pembelajaran langsung pada kelas XI MIPA SMAN 14 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasy experiment) dengan rancangan penelitian Static Group Design. Populasinya yaitu peserta didik kelas XI MIPA SMAN 14 Padang dengan sampel kelas XI MIPA 1 absen genap sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 6 absen genap sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematis berbentuk soal essay. Berdasarkan hasil analisis data, dengan menggunakan uji- terlihat bahwa pada taraf nyata diperoleh P-value sebesar . Karena P-value , maka ditolak. Ini berarti bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar dengan menggunakan model Problem Based Learning lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung di kelas XI MIPA SMAN 14 Padang tahun pelajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMukhni, MukhniUNSPECIFIED
CorrectorSyarifuddin, HendraUNSPECIFIED
CorrectorMusdi, EdwinUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 17 Mar 2023 00:53
Last Modified: 17 Mar 2023 00:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43015

Actions (login required)

View Item View Item