Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Penyajian Data di Kelas V SD Gugus I Kecamatan Lembah Segar Kota Sawahlunto.

Eljas, Ayunda Bestarina (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Penyajian Data di Kelas V SD Gugus I Kecamatan Lembah Segar Kota Sawahlunto. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_06_AYUNDA_BESTARINA_ELJAS_18129234_7324_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika. Hal ini disebabkan belum adanya penggunaan model pembelajaran yang inovatif yang menuntut siswa untuk menghasilkan suatu produk yang dapat memberikan pengalaman menyenangkan bagi siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model PjBL. Karena model ini menuntut siswa berperan aktif dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Penyajian Data Kelas V SD Gugus I Kecamatan Lembah Segar Kota Sawahlunto. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan design penelitian quasi eksperimental design tipe nonequivalent control design. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Terpilih dua kelas sampel yang masing-masing dijadikan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pembelajaran yang dibandingkan adalah pembelajaran dengan menggunakan model Project Based Learning (PjBL) dengan pembelajaran menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes subyektif. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t dan uji N-Gain. Didapatkan hasil thitung = 7,62 dan ttable = 1,999, sehingga thitung > ttabel, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Untuk Uji N-Gain data yang diperoleh 14 siswa kelas eksperimen berada pada kriteria tinggi dan 18 siswa berada pada kriteria sedang. Sedangkan di kelas kontrol, terdapat 17 siswa yang berada pada kriteria sedang dan 14 siswa berada pada kriteria rendah. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa materi penyajian data

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZainil, MelvaUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL), HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 15 Mar 2023 07:00
Last Modified: 15 Mar 2023 07:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42989

Actions (login required)

View Item View Item