Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas IX di SMP Negeri 6 Kota Solok

Ilham, Fadhli (2022) Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas IX di SMP Negeri 6 Kota Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_FADHLI_ILHAM_17029148_911_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pemecahan masalah matematis merupakan salah satu kemampuan matematis yang harus dikuasai peserta didik. Akan tetapi, kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik di SMP Negeri 6 Kota Solok masih tergolong rendah. Salah satu penyebabnya adalah peserta didik yang cenderung pasif dalam pembelajaran. Akibatnya hasil belajar peserta didik juga rendah. Oleh sebab itu, dilakukan penelitian dengan menerapkan model discovery learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar menggunakan model discovery learning lebih baik daripada peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung di kelas IX SMP Negei 6 Kota Solok. Jenis penelitian adalah penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan static group design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas IX SMP Negeri 6 Kota Solok dengan sampel penelitiannya yaitu kelas IX.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas IX.4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling, di mana setiap anggota populasi mempunyai kesempatan yang sama untuk menjadi sampel. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes akhir pemecahan masalah matematis. Berdasarkan analisis terhadap data penelitian diperoleh bahwa pada taraf nyata

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMusdi, EdwinUNSPECIFIED
CorrectorMukhni, MukhniUNSPECIFIED
CorrectorJazwinarti, JazwinartiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 14 Mar 2023 08:18
Last Modified: 14 Mar 2023 08:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42949

Actions (login required)

View Item View Item