Analisis Pemilihan Supplier Bahan Baku Menggunakan Multi-Choice Goal Programming (Studi Kasus: Jagung Super Manis F1 Aina Batuhampar)

Filfiqri, Hamimatul (2022) Analisis Pemilihan Supplier Bahan Baku Menggunakan Multi-Choice Goal Programming (Studi Kasus: Jagung Super Manis F1 Aina Batuhampar). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_HAMIMATUL_FILFIQRI_18030114_3773.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pemilihan supplier merupakan sebuah tahap untuk menentukan pemasok terbaik yang dibutuhkan oleh pelaku industri untuk menyediakan material atau bahan baku dalam proses produksi. Jagung Super Manis F1 Aina Batuhampar merupakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang memproduksi olahan jagung menjadi berbagai macam varian makanan dan minuman. UMKM ini membutuhkan banyak bahan baku jagung untuk proses kegiatan produsi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memudahkan dalam pengambilan keputusan untuk pemilihan supplier bahan baku pada Jagung Super Manis F1 Aina Batuhampar dengan Multi-Choice Goal Programming. Penelitian ini merupakan penelitian terapan dan jenis data yang digunakan yaitu data primer yang merupakan hasil wawancara dengan pemilik UMKM Jagung Super Manis F1 Aina Batuhampar dan data dokumentasi berupa harga setiap varian produk. Selanjutnya, dilakukan analisis nilai kerugian untuk setiap kriteria dengan Taguchi Loss Function dan penentuan nilai bobot setiap kriteria dengan Analytical Hierarchy Process. Kemudian nilai tersebut digunakan sebagai koefisien ke dalam model Multi-Choice Goal Programming untuk menentukan supplier yang terbaik dengan menggunakan software Lindo. Berdasarkan hasil tersebut, diperoleh prioritas supplier E, A, C, D, dan B dengan minimasi kerugian dari kelima prioritas alternatif supplier masing-masingnya Rp. , Rp. , Rp. , Rp. , dan Rp. .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSari, Devni PrimaUNSPECIFIED
CorrectorRizal, YusmetUNSPECIFIED
CorrectorWinanda, Rara SandhyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pemilihan Supplier, Taguchi Loss Function (TLF), Analytical Hierarchy Process (AHP), Multi-Choice Goal Programming (MCGP)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 14 Mar 2023 03:31
Last Modified: 14 Mar 2023 03:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42935

Actions (login required)

View Item View Item