Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) di Kelas IV SDN 07 Teladan Bukittinggi

Ummi, Annisa Khaira (2022) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) di Kelas IV SDN 07 Teladan Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_06_ANNISA_KHAIRA_UMMI_18129161_7671_2022.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru yang kurang maksimal dalam mengembangkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kerja sama peserta didik, pelaksanaan pembelajaran masih berpusat pada guru, dan guru kurang memberikan rangsangan dalam memotivasi belajar peserta didik sehingga peserta didik kurang percaya diri untuk mengemukakan ide-idenya dalam pembelajaran. Hal tersebut berdampak terhadap rendahnya hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) di kelas IV SDN 07 Teladan Bukittinggi. Penelitian ini dilaksakan di SDN 07 Teladan Bukittinggi pada semester II tahun ajaran 2021/2022 dengan subjek penelitian guru dan peserta didik kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dua kali pertemuan dan siklus II satu kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada: 1) RPP siklus I diperoleh rata-rata 84.72% dengan kualifikasi baik (B) kemudian meningkat pada siklus II menjadi 94.44% dengan kualifikasi sangat baik (SB). 2) Pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru siklus I diperoleh rata-rata 84.09% dengan kualifikasi baik (B) dan pada siklus II diperoleh rata-rata 95.45% dengan kualifikasi sangat baik (SB), sedangkan pelaksanaan pembelajaran pada aspek peserta didik diperoleh rata-rata 81.81% dengan kualifikasi baik (B) dan pada siklus II diperoleh rata-rata 95.45% dengan kualifikasi sangat baik (SB). 3) Hasil belajar peserta didik pada siklus I memperoleh rata-rata nilai 77.38 dengan kualifikasi cukup (C) dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 87.49 dengan kualifikasi baik (B). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan model kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZuryanty, ZuryantyUNSPECIFIED
CorrectorZainil, MelvaUNSPECIFIED
CorrectorMuhammadi, MuhammadiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR TEMATIK TERPADU, TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 14 Mar 2023 03:31
Last Modified: 14 Mar 2023 03:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42934

Actions (login required)

View Item View Item