Pengaruh Penggunaan Pendekatan Konstruktivisme terhadap Penguasaan Konsep Perkalian Pecaha di Sekolah Dasar

Ahmad, Syafri (2017) Pengaruh Penggunaan Pendekatan Konstruktivisme terhadap Penguasaan Konsep Perkalian Pecaha di Sekolah Dasar. In: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar: Pembelajaran Literasi Lintas Disiplin Ilmu Ke-SD-an, 4-6 September 2017, Bukittinggi.

[img]
Preview
Text
SYAFRI_AHMAD_PENGARUH_PENGGUNAAN_PENDEKATAN_OK.pdf

Download (969kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaaan pendekatan konstruktivisme terhadap penguasaan konsep perkalian pecahan di kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk true eksperimen, dengan sampel normal dan homogen. Hasil penelitian terlihat bahwa siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan konstruktivisme nilai rataratanya lebih tinggi jika dibandingkan dengan siswa pada kelas kontrol yang menggunakan pendekatan konvensional. Pada pengujian hipotesis diperoleh t hitung sebesar 2,3432 dan t sebesar 2,000 pada taraf nyata α = 0,05 dan dk = 67. Dengan demikian kepada guru sekolah dasar disarankan dalam pembelajaran perkalian pecahan di kelas sebaiknya menggunakan pendekatan konstruktivisme.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 13 Mar 2023 01:06
Last Modified: 13 Mar 2023 01:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42869

Actions (login required)

View Item View Item