Pengaruh Tingkat Pemahaman Agama Islam dan Perhatian Orang Tua terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Di Sdn 14 Sungai Aur

Hayati, Yusmira (2022) Pengaruh Tingkat Pemahaman Agama Islam dan Perhatian Orang Tua terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Di Sdn 14 Sungai Aur. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_07_YUSMIRA_HAYATI_18329037_5225_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan pertama untuk mengetahui bagaimana pemahaman Agama Islam dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SDN 14 Sungai Aur, kedua bagaimana hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti siswa di SDN 14 Sungai Aur, ketiga bagaimana pengaruh pemahaman Agama Islam dan perhatian orang tua secara terpisah terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SDN 14 Sungai Aur dan selanjutnya untuk mengetahui bagaimana pengaruh pemahaman Agama Islam dan perhatian orang tua secara bersama- sama terhadap hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif asosiatif. Dalam pengambilan sampel,peneliti menggunakan metode purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket sebagai alat pengumpulan data. Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif asosiatif dengan menggunakan uji hipotesis regresi lenear berganda, uji koefisien determinasi, uji koefisien regresi sederhana dan uji Simultan. Hasil penelitian diketahui terdapat pengaruh variabel pemahaman Agama Islam terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk kelas IVA sebesar 0.59,7 atau 59,7% dan untuk kelas IVB sebesar 0.31,0 atau 31%. Sedangkan untuk variabel perhatian orang tua terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk kelas IVA sebesar 0.506 atau 50,6% dan untuk kelas IVB sebesar 0.88,0 atau 88%. Kemudian terdapat pengaruh secara bersama sama variabel pemahaman Agama Islam dan Perhatian orang tua untuk kelas IVA sebesar 0.91,9 atau 91,9% dan untuk kelas IVB sebesar 0.93,0 atau 93%. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh variabel pemahaman Agama Islam terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, terdapat pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dan terdapat pengaruh pemahaman Agama Islam dan Perhatian orang tua secara bersama-sama terhadap belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk kelas IVA dan IVB di SDN 14 Sungai Aur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSulaiman, SulaimanUNSPECIFIED
CorrectorWirdati, WirdatiUNSPECIFIED
CorrectorRahman, RiniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PEMAHAMAN AGAMA ISLAM, PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 10 Mar 2023 08:38
Last Modified: 10 Mar 2023 08:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42856

Actions (login required)

View Item View Item