Pengembangan Modul Pembelajaran Digital Berbasis Web Blog Materi Seni Rupa Dua Dimensi Kelas X SMA Negeri 3 Painan

Gusnira, Rawiza Hayyina (2022) Pengembangan Modul Pembelajaran Digital Berbasis Web Blog Materi Seni Rupa Dua Dimensi Kelas X SMA Negeri 3 Painan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_RAWIZA_HAYYINA_GUSNIRA_18020055_6170_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang berawal dari permasalahan yang dijumpai yaitu kurangnya variasi media dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menghasilkan modul pembelajaran digital berbasis web blog pada materi seni rupa dua dimensi kelas X SMA Negeri 3 Painan yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan (R&D) atau Research and Development. Model penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE oleh Dick and Carry (1996) dengan lima tahapan yakni analisis (analyze), desain (desgin), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 3 Painan. Instrument penelitian berupa lembar validasi untuk mendapatkan data validitas produk, angket respon pendidik dan respon peserta didik untuk mendapatkan data pratikalitas produk. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa, modul pembelajaran digital berbasis web blog yang dikembangkan valid dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran, berdasarkan tingkat validitas modul pembelajaran digital berbasis web blog pada materi seni rupa dua dimensi berada pada kategori sangat valid dengan total nilai rata-rata keseluruhan 3,73 presentase 93% dengan rincian hasil yang dinilai oleh ahli media 95%, ahli lay out 90%, ahli bahasa 92,5% dan ahli materi 95,5%. Selanjutnya tingkat pratikalitas media pembelajaran diperoleh dengan total nilai rata-rata keseluruhan 3,61 presentase 90% dengan rincian hasil dari respon pendidik 92,5% dan respon peserta didik dalam skala kecil 90% dan skala besar 88% yang berada pada kategori sangat praktis. Kesimpulan yang peneliti dapatkan dari penelitian ini adalah modul pembelajaran digital berbasis web blog pada materi seni rupa dua dimensi kelas X yang dikembangkan valid dan praktis untuk digunakan pada proses pembelajaran di SMA Negeri 3 Painan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWikarya, YusronUNSPECIFIED
CorrectorZubaidah, ZubaidahUNSPECIFIED
CorrectorAwrus, SuibUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN DIGITAL
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 10 Mar 2023 07:56
Last Modified: 10 Mar 2023 07:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42855

Actions (login required)

View Item View Item