Integrasi Nilai Pendidikan Karakter Mulia Siswa Melalui Pembelajaran Matematika

Ahmad, Syafri (2022) Integrasi Nilai Pendidikan Karakter Mulia Siswa Melalui Pembelajaran Matematika. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 10 (3). pp. 408-415. ISSN print: 2337-6740 dan Online: 2337-6880

[img]
Preview
Text
SYAFRI_AHMAD_INTEGRASI_NILAI_PENDIDIKAN_2022.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://jurnal.konselingindonesia.com/index.php/jk...

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pengintegrasian nilai-nilai karakter mulia pada pembelajaran matematika. Matematika selama ini masih dianggap oleh banyak kalangan hanya berguna untuk melakukan perhitungan dalam bentuk operasi aritmetika saja. Masih ada anggapan bahwa matematika identik dengan berhitung, misalnya melakukan operasi perkalian, pembagian, penjumlahan, dan pengurangan (KABATAKU), serta kering atau miskin dengan pendidikan karakter. Pada hal jika ditelusuri lebih jauh dan mendalam matematika mempunyai andil yang sangat besar dalam membentuk karakter mulia (karakter-cerdas) peserta didik pada semua level atau jenjang pendidikan. Matematika ternyata kaya atau banyak mengajarkan sifat-sifat atau karakter mulia seperti konsisten (istiqomah), jujur (siddik), dapat dipercaya (amanah), kreatif, dan karakter mulia lainnya. Kuncinya guru dalam pembelajaran matematika di sekolah dituntut secara kreatif mengembangkan pendidikan karakter mulia tersebut

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 10 Mar 2023 07:00
Last Modified: 13 Apr 2023 04:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42843

Actions (login required)

View Item View Item