Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom pada Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Pertiwi 1 Padang

Utami, Diyana Rahmatika (2022) Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom pada Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Pertiwi 1 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_DIYANA_RAHMATIKA_UTAMI_19029132_3007.pdf

Download (358kB) | Preview

Abstract

Salah satu tujuan pembelajaran matematika yaitu pemahaman konsep matematis yang diharapkan dimiliki oleh peserta didik. Namun kenyataannya di SMA Pertiwi 1 Padang masih belum optimal atau masih rendah. Model Pembelajaran yang ada belum mampu meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik. Jika pemahaman konsep rendah, maka akan berpengaruh pada kemampuan matematis lainnya. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis apakah pemahaman konsep matematis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model Flipped Classroom lebih baik daripada pemahaman konsep matematis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran langsung di kelas XI SMA Pertiwi 1 Padang dan untuk mendeskripsikan perkembangan pemahaman konsep matematis peserta didik di kelas XI MIPA SMA Pertiwi 1 Padang setelah diterapkannya model pembelajaran Flipped Classroom Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian adalah quasy experiment dan deskriptif dengan rancangan penelitian Non Equivalent Postest-only control Group design. Populasinya kelas XI MIPA SMA Pertiwi 1 Padang dengan sampel penelitian yaitu kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 3. Instrumen penelitian berupa kuis dan tes pemahaman konsep. Data perkembangan kemampuan ini dideskripsikan melalui hasil kuis, sedangkan hasil tes didianalisis dengan uji-t. Berdasarkan hasil kuis diperoleh bahwa perkembangan pemahaman konsep meningkat dengan penerapan model pembelajaran Flipped Classroom, dan berdasarkan hasil analisis tes diperoleh bahwa taraf nyata = 0,05 melakukan uji–t diperoleh P-value = 0,001 karena P-value - < a, maka H0 di tolak. Ini berarti bahwa pemahaman konsep peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran Flipped Classroom lebih baik daripada pemahaman konsep peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran langsung di kelas XI MIPA SMA Pertiwi 1 Padang Tahun Pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorTasman, FridgoUNSPECIFIED
CorrectorYarman, YarmanUNSPECIFIED
CorrectorSuherman, SuhermanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 10 Mar 2023 02:52
Last Modified: 10 Mar 2023 02:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42832

Actions (login required)

View Item View Item