Analisis Kualitas Manajemen E-Learning Pada Pembelajaran Biologi Kelas XI Menggunakan Quality Matters Rubric (QMR) di SMAS Adabiah Padang

Zulfa, Catherine Septianora (2022) Analisis Kualitas Manajemen E-Learning Pada Pembelajaran Biologi Kelas XI Menggunakan Quality Matters Rubric (QMR) di SMAS Adabiah Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_CATHERINE_SEPTIANORA_ZULFA_18031098_3132.pdf

Download (748kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan aspek yang paling penting dalam kehidupan, karena pendidikan adalah proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru kepada peserta dalam mengasah kepribadian yang lebih baik. Beberapa bulan yang lalu di Indonesia dilanda covid-19. Kondisi ini mendukung institusi pendidikan melakukan pembelajaran secara daring menggunakan platform e-learning. Salah satunya di SMAS Adabiah Padang menggunakan e-learning geschool. Setiap e-learning dikelola dengan manajemen yang berkualitas agar tercapainya suatu pembelajaran. Manajemen E-learning dapat dievaluasi menggunakan uji kualitas, salah satunya yaitu Quality Matters Rubric (QMR). Namun pada saat ini manajemen e-learning pada pembelajaran biologi kelas XI SMAS Adabiah Padang belum pernah dinilai kualitasnya menggunakan instrumen apapun, maka peneliti melakukan analisis kualitas manajemen e-learning pada pembelajaran biologi kelas XI menggunakan Quality Matters Rubric (QMR) di SMAS Adabiah Padang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dilaksanakan di SMAS Adabiah Padang. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah e-learning pada pembelajaran biologi yang ada di SMAS Adabiah Padang dan sampelnya adalah e-learning pada pembelajaran biologi kelas XI. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah dengan cara purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Quality Matters Rubric (QMR) edisi ke 5. Data dianalisis kemudian dilihat kualitas manajemen e-learningnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas manajemen e-learning di SMAS Adabiah Padang mencapai 19% dengan kriteria kualitas yang sangat rendah, hal ini menunjukkan pengguna tidak memanfaatkan e-learning dengan baik. Untuk mencapai efektifitas dan fleksibilitas pembelajaran yang diinginkankan, maka lebih baik pengguna e-learning menggunakan fitur yang terdapat di e-learning secara optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYogica, RelsasUNSPECIFIED
CorrectorFadilah, MuhyiatulUNSPECIFIED
CorrectorAnggriyani, RiaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, E-learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 10 Mar 2023 00:59
Last Modified: 10 Mar 2023 00:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42815

Actions (login required)

View Item View Item