Analisis Kandungan ß-Karoten dan ß-Cryptoxanthin Hasil Grafting Tanaman Ubi Kayu (Manihot esulenta)Kultivar Carvita 25, Revita RV 1, dan Ubi Kayu Karet (Manihot glaziovii)

Mirti, Annisa (2022) Analisis Kandungan ß-Karoten dan ß-Cryptoxanthin Hasil Grafting Tanaman Ubi Kayu (Manihot esulenta)Kultivar Carvita 25, Revita RV 1, dan Ubi Kayu Karet (Manihot glaziovii). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_ANNISA_MIRTI_18032102_3667.pdf

Download (598kB) | Preview

Abstract

Ubi kayu merupakan salah satu tanaman komoditas populer sebagai pangan non beras. Tanaman ini merupakan tanaman umbi penting di negara tropis yang menyediakan energi bagi jutaan orang, karena mengandung karbohidrat yang tinggi dan nutrisi penting seperti karotenoid. Karotenoid berperan penting dalam proses pertumbuhan, reproduksi dan perkembangan manusia. Senyawa golongan karotenoid yang dapat dijumpai pada ubi kayu yaitu ß-karoten dan ß-Cryptoxanthin. Kandungan kedua senyawa tersebut dapat ditingkatkan pada ubi kayu dengan cara grafting. Penelitian ini bertujuan melihat pengaruh grafting terhadap kandungan ß-karoten dan ß-Cryptoxanthin ubi kayu kombinasi kultivar Carvita 25, Revita RV 1 dan ubi kayu karet. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Sampel yang digunakan terbagi menjadi 6 satuan percobaan yaitu 3 percobaan tanaman kontrol dan 3 percobaan dengan tanaman grafting dengan kombinasi Carvita 25 (atas) – Revita RV 1 (bawah), Karet (atas) – Carvita 25 (bawah), dan Karet (atas) – Revita RV 1 (bawah). Kadar senyawa ß-karoten dan ß-Cryptoxanthin diukur menggunakan metode HPLC. Data dianalisis menggunakan ANOVA (α=5%), dilanjutkan dengan uji DMRT. Hasil penelitian menunjukkan grafting tidak berpengaruh nyata terhadap kandungan ß-karoten ubi kayu dari kombinasi 3 aksesi Carvita 25, Revita RV1 dan ubi kayu karet. Grafting tidak berpengaruh nyata terhadap kandungan ß-cryptoxanthin ubi kayu kombinasi Karet – Carvita 25, dan berpengaruh nyata terhadap kandungan ß- Cryptoxanthin kombinasi Carvita 25 – Revita RV1, dan Karet – Revita RV 1.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPutri, Dwi HildaUNSPECIFIED
Thesis advisorWahyuni, WahyuniUNSPECIFIED
CorrectorChatri, MoralitaUNSPECIFIED
CorrectorFarma, Siska AliciaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: ß-karoten, ß- Cryptoxanthin , Grafting, Ubi Kayu
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 09 Mar 2023 02:50
Last Modified: 09 Mar 2023 02:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42782

Actions (login required)

View Item View Item