Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Inside Outside Circle (IOC) di Kelas V UPT SDN 47 Koto Lamo Kabupaten Pesisir Selatan.

Ramadani, Fitra (2022) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Inside Outside Circle (IOC) di Kelas V UPT SDN 47 Koto Lamo Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_FITRA_RAMADANI_18129014_3337.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dibelakangi oleh kenyataan di lapangan yang menunjukkan proses pembelajaran yang masih berpusat kepada guru dan peserta didik masih kurang aktif dalam pembelajaran. Hal ini dikarenakan guru belum menggunakan model pembelajaran yang efektif dalam proses pembelajaran. Maka mengakibatkan rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu. Tujuan dari penelitian adalah mendeskripsikan penggunaan model Cooperative Learning Tipe Inside Outside Circle untuk meningkatkan hasil belajar tematik terpadu di kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik di kelas V yang berjumlah 14 orang pada semester Januari-Juni tahun ajaran 2021/2022. Sumber data penelitian adalah RPP dan hasil belajar peserta didik tematik terpadu menggunakan model Cooperative Learning tipe Inside Outside Circle di kelas V UPT SDN 47 Koto Lamo Kabupaten Pesisir Selatan dengan teknik yang digunakan berupa dokumen analisis, observasi, tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar tematik terpadu dari siklus I ke siklus II. Hasil pengamatan RPP pada siklus I persentase ketuntasan 90,90% dengan kualifikasi baik meningkat menjadi 97,72% pada siklus II dengan kualifikasi sangat baik. Pada hasil pengamatan pelaksanaan pembelajaran, persentase untuk pengamatan aktiviatas guru pada siklus I adalah 90,62% dengan kualifikasi sangat baik meningkat menjadi 97,91% pada siklus II dengan kualifikasi sangat baik. Pada hasil pengamatan akitivitas peserta didik pada siklus I, persentase 88,54% dengan kualifikasi baik meningkat menjadi 97,91% pada siklus II. Hasil belajar tematik terpadu pada penelitian ini untuk siklus I diperoleh nilai rata-rata 88,45, lalu meningkat disiklus II menjadi 97,06. Dengan demikian, berdasarkan data penelitian yang didapat dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Inside Outside Circle dapat meningkatkan hasil belajar tematik terpadu pada tema 6 di kelas V UPT SDN 47 Koto Lamo Kabupaten Pesisir Selatan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSukma, ElfiaUNSPECIFIED
CorrectorLena, Mai SriUNSPECIFIED
CorrectorDesyandri, DesyandriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 08 Mar 2023 03:00
Last Modified: 08 Mar 2023 03:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42735

Actions (login required)

View Item View Item