Perbandingan Hasil Belajar Sebelum dan Sesudah Menggunakan Metode Diskusi Kelompok Terbimbing dalam Mata Pelajaran Geografi Materi Dinmika Kependudukan Indonesia pada Siswa Kelas Xi IPS SMAN 1 2x11 Kayu Tanam

Azura, Tiara (2022) Perbandingan Hasil Belajar Sebelum dan Sesudah Menggunakan Metode Diskusi Kelompok Terbimbing dalam Mata Pelajaran Geografi Materi Dinmika Kependudukan Indonesia pada Siswa Kelas Xi IPS SMAN 1 2x11 Kayu Tanam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_TIARA_AZURA_17045172_7175_2022.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan model pembelajaran kooperatif tipe diskusi kelompok terbimbing terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI di SMA N 1 2X11 Kayutanam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimental). Dalam penelitian ini, subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 SMA N 1 2X11 Kayutanam. Kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol dengan proses pembelajaran menggunakan metode ceramah dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dengan proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran diskusi kelompok terbimbing. Adapun Teknik pengumpulan data penelitian dengan menggunakan Post test dan pre tes. Instrumen yang digunakan adalah soal objektif dengan materi dinamika kependudukan indonesia. Hasil penelitian ini membuktikan adanya perbedaan model pembelajaran diskusi kelompok terbimbing terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI di SMA N 1 2X11 Kayu tanam. Hal ini ditunjukan dari hasil pengujian hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan uji-t dengan taraf signifikasi 0,05 maka diperoleh thitung ≥ ttabel yaitu 3.49 ≥ 2,01. Selain itu pengaruh model pembelajaran ini dapat dilihat dari hasil perhitungan pre-test dan post-test dari kedua kelas yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil pre-test menunjukan bahwa kedua kelas memiliki kemampuan awal yang tidak jauh berbeda yakni 69.74 pada kelas kontrol dan 69.2 untuk kelas eksperimen. Kemudian hasil post-test menunjukan bahwa kelas eksperimen memperoleh rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yakni 80.2 dan kelas kontrol dengan nilai rata-rata 75.4.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNofrion, NofrionUNSPECIFIED
CorrectorAnwar, SyafriUNSPECIFIED
CorrectorKhairani, KhairaniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR GEOGRAFI, METODE DISKUSI KELOMPOK TERBIMBING
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 07 Mar 2023 03:37
Last Modified: 07 Mar 2023 03:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42692

Actions (login required)

View Item View Item