Pengaruh Media Pasir Kinetik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pra Menulis Bagi Anak Cerebral Palsy Tipe Spastik (Single Subject Research Kelas III/C Di Slb 1 Padang Panjang)

Wulandari, Apriani (2022) Pengaruh Media Pasir Kinetik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pra Menulis Bagi Anak Cerebral Palsy Tipe Spastik (Single Subject Research Kelas III/C Di Slb 1 Padang Panjang). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_APRIANI_WULANDARI_18003090_3952.pdf

Download (467kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh media pasir kinetik dalam meningkatkan kemampuan pra menulis bagi anak cerebral palsy tipe spastik. Penilitian ini dilakukan di SLB 1 Padang Panjang. Terlihat saat peneliti melakukan pengamatan kepada anak belum mampu dalam kemampuan pra menulisnya, maka hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa media pasir kinetik dapat meningkatkan kemampuan pra menulis anak cerebral palsy tipe spastik. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Fase pertama (A1) yaitu fase ketika intervensi belum diberikan, fase kedua (B) yaitu fase ketika intervensi diberikan kepada subyek dengan menggunakan pasir kinetik, dan fase ketiga (A2) yaitu fase dimana terdapat perubahan setelah tidak diberikan lagi intervensi. Target kemampuan yang dikuasai anak yakni kemampua dalam pra menulisnya. Hasil dari penelitian pada fase A1 dilakukan sebanyak empat kali pertemuan, dengan persentase pertemuan keempat sebesar 28%. Pada fase B dilakukan sebanyak tujuh kali pertemuan, dengan persentase pertemuan kesebelas sebesar 78%. Pada fase A2 dilakukan sebanyak empat kali pertemuan, dengan persentase pertemuan kelimabelas sebesar 78%. Persentase overlap pada A1 adalah 0% dan persentase overlap pada A2 adalah 57%. Berdasarkan hasil analisis data tersebut menunjukkan bahwa media pasir kinetik berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan pra menulis anak cerebal palsy tipe spastik kelas III/C di SLB 1 Padang Panjang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIswari, MegaUNSPECIFIED
CorrectorNurhastuti, NurhastutiUNSPECIFIED
CorrectorMahdi, ArisulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pra Menulis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 06 Mar 2023 04:08
Last Modified: 06 Mar 2023 04:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42669

Actions (login required)

View Item View Item