Gambaran Perkembangan Motorik Kasar Anak Setelah Mengikuti Pelatihan Taekwondo Di Dojang Balai Gadang, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang.

Isnani, Annisa Zukhrufa (2022) Gambaran Perkembangan Motorik Kasar Anak Setelah Mengikuti Pelatihan Taekwondo Di Dojang Balai Gadang, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_ANNISA_ZUKHRUFA_ISNANI_18005094_2696.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motorik kasar anak, hal ini diduga karena kurangnya latihan gerakan motorik kasar anak. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran perkembangan motorik dalam hal koordinasi, kelincahan, ketahanan, dan kekuatan setelah mengikuti pelatihan taekwondo di Dojang Balai Gadang, Kelurahan Balai Gadang, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang. Pendekatan penelitian adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi penelitian adalah anak usia 6 sampai 8 tahun yang mengikuti pelatihan taekwondo sebanyak 50 orang. Sampel diambil sebanyak 30% atau 15 orang dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan alatnya lembaran observasi. Teknik analisis data digunakan adalah analisis kuantitatif dalam bentuk persentase. Hasil pengelolaan data dan pembahasan disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pada motorik dalam hal koordinasi, kelincahan, ketahanan dan kekuatan anak sejak pertemuan pertama sampai pertemuan ketujuh dari yang belum berkembang menjadi berkembang sangat baik. Bagi orang tua yang anaknya berminat pelatihan taekwodo dapat menjadi salah satu alternative untuk meningkatkan motorik kasar anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSetiawati, SetiawatiUNSPECIFIED
CorrectorPutri, Lili DasaUNSPECIFIED
CorrectorWisroni, WisroniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Motorik Kasar Anak
Subjects: R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 06 Mar 2023 04:08
Last Modified: 06 Mar 2023 04:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42668

Actions (login required)

View Item View Item