Pengaruh Nilai-nilai Religiusitas terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 10 Lubuk Alung

Mulya, Rahmi (2022) Pengaruh Nilai-nilai Religiusitas terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 10 Lubuk Alung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_07_RAHMI_MULYA_17329190_4085_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui (1) nilai-nilai religiusitas siswa, (2) hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, (3) seberapa besar pengaruh nilai-nilai religiusitas terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas IV dan V di SDN 10 Lubuk Alung. Jenis dan metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif asosiatif dengan populasi sebanyak 31 siswa. Teknik sampel yang digunakan adalah total sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket (kuisioner) dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana dengan bantuan program SPSS versi 26. Dari analisis data diperoleh informasi bahwa: (1) nilai-nilai religiusitas kelas IV dan V di SDN 10 Lubuk Alung tahun ajaran 2021/2022 berada pada kategori cukup baik/sedang. Hal ini dibuktikan dari perhitungan interval 61-68 sebanyak 22 siswa dengan persentase 71,0%. (2) hasil belajar siswa kelas IV dan V di SDN 10 Lubuk Alung tahun ajaran 2021/2022 berada pada kategori sedang. Hal ini dibuktikan dari perhitungan interval 62-74 sebanyak 19 siswa dengan persentase 61,3%. (3) Berdasarkan perhitungan menggunakan uji T (parsial) diperoleh nilai t-hitung sebesar 10,409>1,695 dan nilai sig dari nilai-nilai religiusitas sebesar 0,000 yang mana 0,000<0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, melalui hasil perhitungan nilai persamaaan regresi linear sederhana yaitu; Y = -2,353 + 0,061X, sig. 0,000<0,05, maka kesimpulannya terdapat pengaruh antara nilai-nilai religiusitas terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan output yang diperoleh uji koefisien determinasi (R2) diketahui R sebesar 0,888 dan nilai R Square sebesar 0,789 atau 78,9%, maka dapat disimpulkan bahwa nilai-nilai religiusitas memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar. Kemudian berdasarkan uji F (simultan) dapat dilihat bahwa F-hitung 108,341>4,16, dan sig. sebesar 0,000 yang mana 0,000<0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi nilai-nilai religiustitas siswa maka semakin tinggi pula hasil belajar siswa dalam pembelajaran Agama Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSulaiman, SulaimanUNSPECIFIED
CorrectorWirdati, WirdatiUNSPECIFIED
CorrectorMuliati, IndahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: NILAI-NILAI RELIGIUSITAS, PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 02 Mar 2023 08:47
Last Modified: 02 Mar 2023 08:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42574

Actions (login required)

View Item View Item