Alivia, Fani
(2022)
Promosi Taman Bacaan Masyarakat dalam Menumbuhkan Minat Kunjung di Ruang Baca Rimba Bulan Kota Padang Panjang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi menurunnya tingkat kunjung masyarakat ke TBM Ruang Baca Rimba Bulan Kota Padang Panjang, sehingga berpengaruh pada eksistensi TBM. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan promosi TBM
dalam menumbuhkan minat kunjung di Ruang Baca Rimba Bulan Kota Padang Panjang yang dilihat dari: (1) periklanan; (2) penjualan personal; (3) pemberian insentif; (4) hubungan masyarakat dan publisitas; dan (5) pemasaran langsung.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengambilan informan pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Informan pada penelitian ini terdapat 9 informan yang terdiri dari 4 pengelola yaitu ketua TBM, wakil TBM, sekretaris TBM, bendahara TBM dan 5 orang pengunjung TBM. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa promosi yang dilakukan dalam menumbuhkan minat kunjung adalah: (1) periklanan: stiker, spanduk, papan nama dan kaos; (2) penjualan personal: sosialisasi dan tamu literasi; (3) pemberian insentif: pertunjukkan musik, lomba, doorprize, pameran dan rekrutmen; (4) hubungan masyarakat dan publisitas:
kerjasama dengan media massa, publikasi, kegiatan literasi dan sosial, citra pengelola, dan kerjasama dengan instansi pemerintah; (5) pemasaran langsung: undangan dan whatsapp. Promosi dalam upaya menumbuhkan minat kunjung yang
dilakukan Ruang Baca Rimba Bulan mendapatkan kendala dalam bentuk minimnya anggaran, tenaga pengelola yang kurang dan kesadaran masyarakat yang masih rendah
Actions (login required)
|
View Item |