Pengaruh Kepribadian dan Sikap Orang Tua terhadap Minat Menjadi Guru pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Padang

Junita, Tika (2022) Pengaruh Kepribadian dan Sikap Orang Tua terhadap Minat Menjadi Guru pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_TIKA_JUNITA_18053140_5780_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1)Pengaruh Kepribadian dan Sikap orang tua secara bersama-sama terhadap Minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi 2)Pengaruh kepribadian terhadap Minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi dan 3)Pengaruh Sikap orang tua terhadap Minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang tahun masuk 2017,2018,2019,2020,dan2021. dengan jumlah sampel terpilih sebanyak 85 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah probability sampling dengan menggunakan proportional stratified random sampling. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data berupa angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji persyaratan analisis, regresi berganda, uji F, koefesien determinan dan uji t. Dimana analisis dilakukan menggunakan SPSS dengan α 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1)Kepribadian dan sikap orang tua secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Minat Menjadi Guru, terlihat dari sig 0,000 < 0,05. 2)Kepribadian berpengaruh signifikan terhadap Minat Menjadi Guru, terlihat dari sig 0,004 < 0,05. 3)Sikap orang tua berpengaruh signifikan terhadap Minat menjadi Guru, terlihat dari sig 0,000 < 0,05. Kepribadian dan sikap orang tua memberikan pengaruh yang besar terhadap minat mahasiswa menjadi guru, artinya semakin baik kepribadian dan semakin baik sikap orang tua maka minat menjadi guru mahasiswa pendidikan ekonomi akan semakin tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSusanti, DessiUNSPECIFIED
CorrectorSyamwil, SyamwilUNSPECIFIED
CorrectorSofia, NitaUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 01 Mar 2023 04:02
Last Modified: 01 Mar 2023 04:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42491

Actions (login required)

View Item View Item