Risna, Alif Multahul
(2022)
Penggunaan Aplikasi Emaze Sebagai Media Pembelajaran Seni Budaya di SMA Pembangunan Laboratorium UNP.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Penggunaan Aplikasi Emaze sebagai Media Pembelajaran Seni Budaya (Tari) di SMA Pembangunan Laboratorium UNP
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif terapan. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan instrumen pendukung seperti alat tulis dan kamera. Jenis data
menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Langkah-langkah menganalisis data adalah klasifikasi data, klarifikasi data, menganalisis data,
mendeskripsikan data dan menyimpulkan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Emaze sebagai media pembelajaran seni budaya (tari) di kelas X SMA Pembangunan Laboratorium UNP meningkatkan motivasi belajar siswa dan fokus siswa dalam belajar untuk memahami materi pembelajaran. Motivasi belajar siswa meningkat dengan tampilan 3D dan keunggulan lainnya dari aplikasi Emaze. Hal ini dapat dilihat dari hasil ujian praktik siswa yang sangat memuaskan dan mencapai tujuan pembelajaran sesuai dengan silabus dan RPP. Peserta didik suka dan bahkan tertarik untuk menggunakan aplikasi Emaze kembali pada saat pembelajaran, baik untuk mata pelajaran seni budaya dan mata pelajaran lainnya, hal ini diperkuat dengan hasil ujian praktik tari siswa, berjumlah 220 siswa mendapatkan nilai di
atas KKM mata pelajaran seni budaya, nilai terendah yang didapatkan siswa adalah 83, terdapat 28 siswa yang tidak mengikuti ujian praktik tari. Ada juga yang kontra dengan pernyataan di atas namun jumlah yang mendukung
penggunaan aplikasi Emaze sangat jauh dibandingkan yang tidak mendukung.
Actions (login required)
|
View Item |