Penggunaan Aplikasi Emaze Sebagai Media Pembelajaran Seni Budaya di SMA Pembangunan Laboratorium UNP.

Risna, Alif Multahul (2022) Penggunaan Aplikasi Emaze Sebagai Media Pembelajaran Seni Budaya di SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_ALIF_MULTAHUL_RISNA_18023004_3249.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Penggunaan Aplikasi Emaze sebagai Media Pembelajaran Seni Budaya (Tari) di SMA Pembangunan Laboratorium UNP Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif terapan. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan instrumen pendukung seperti alat tulis dan kamera. Jenis data menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Langkah-langkah menganalisis data adalah klasifikasi data, klarifikasi data, menganalisis data, mendeskripsikan data dan menyimpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Emaze sebagai media pembelajaran seni budaya (tari) di kelas X SMA Pembangunan Laboratorium UNP meningkatkan motivasi belajar siswa dan fokus siswa dalam belajar untuk memahami materi pembelajaran. Motivasi belajar siswa meningkat dengan tampilan 3D dan keunggulan lainnya dari aplikasi Emaze. Hal ini dapat dilihat dari hasil ujian praktik siswa yang sangat memuaskan dan mencapai tujuan pembelajaran sesuai dengan silabus dan RPP. Peserta didik suka dan bahkan tertarik untuk menggunakan aplikasi Emaze kembali pada saat pembelajaran, baik untuk mata pelajaran seni budaya dan mata pelajaran lainnya, hal ini diperkuat dengan hasil ujian praktik tari siswa, berjumlah 220 siswa mendapatkan nilai di atas KKM mata pelajaran seni budaya, nilai terendah yang didapatkan siswa adalah 83, terdapat 28 siswa yang tidak mengikuti ujian praktik tari. Ada juga yang kontra dengan pernyataan di atas namun jumlah yang mendukung penggunaan aplikasi Emaze sangat jauh dibandingkan yang tidak mendukung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSusmiarti, SusmiartiUNSPECIFIED
CorrectorMansyur, HerlindaUNSPECIFIED
CorrectorDarmawati, DarmawatiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 28 Feb 2023 06:40
Last Modified: 28 Feb 2023 06:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42460

Actions (login required)

View Item View Item