Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas XI MIPA SMAN 2 Padang

Martha, Deva (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas XI MIPA SMAN 2 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_DEVA_MARTHA_17029141_2022.pdf

Download (905kB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan pelajaran sekolah yang sangat penting. Mengingat begitu pentingnya matematika dan banyak kegunaannya dalam kehidupan sehingga selalu dipelajari pada setiap jenjang pendidikan formal, oleh karena itu hendaknya matematika harus diterapkan pada pembelajaran disekolah khususnya dengan proses pembelajaran yang efektif. Namun, berdasarkan hasil observasi di SMAN 2 Padang menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik kelas XI masih tergolong rendah. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning (DL) guna meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang pembelajarannya dengan model DL lebihbaik dari kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang pembelajarannya dengan penerapan model pembelajaran konvensional pada kelas XI MIPA SMAN 2 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan static group design. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA SMAN 2 Padang dengan sampel penelitiannya adalah peserta didik kelas XI MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Sedangkan teknik sampel yang digunakan adalah random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes akhir pemahaman konsep matematis. Berdasarkan analisis terhadap data penelitian terlihat bahwa pada hasil uji hipotesis tes akhir dengan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyarifuddin, HendraUNSPECIFIED
CorrectorJazwinarti, JazwinartiUNSPECIFIED
CorrectorAziz, Saddam AlUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 21 Feb 2023 02:35
Last Modified: 21 Feb 2023 02:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42350

Actions (login required)

View Item View Item