Pengembangan Metode Pembelajaran Ceramah Plus Tanya Jawab dan Tugas (Cptt) pada Mata Pelajaran Pai dan Budi Pekerti Kelas Ix SMP N 13 Padang

Wahidi, Faril (2022) Pengembangan Metode Pembelajaran Ceramah Plus Tanya Jawab dan Tugas (Cptt) pada Mata Pelajaran Pai dan Budi Pekerti Kelas Ix SMP N 13 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_07_FARIL_WAHIDI_18329170_6140_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Metode pembelajaran sangat penting. sehingga penggunaanya berdampak pada peserta didik diantaranya semangat dalam belajar, adanya interaksi antara pendidik dengan peserta didik serta berdampak kepada hasil belajarnya. Namun apabila metode yang digunakan dalam pembelajaran cenderung menggunakan satu metode saja, maka berdampak pembelajaran yang monoton, kurangnya interaksi dan berpengaruh kepada hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan mengembangkan sebuah metode berupa memformulasi metode diantaranya metode ceramah, tanya jawab dan tugas yang dinamakan metode CPTT pada pelajaran PAI&BP. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Intrumen penelitian berupa lembar validasi, praktikalitas dan efektifitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deksriptif dengan mendeksripsikan kevalidan, kepraktisan dan keefektifan metode CPTT. Hasil yang diperoleh diantaranya: (a) Validitas metode dinyatakan sangat valid, (b) Praktikalitas metode dinyatakan sangat praktis (c) Efektifitas metode dinyatakan sangat efektif. Berdasarkan temuan penelitian ini disimpulkan bahwa metode CPTT ini valid, praktis dan efektif..

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWirdati, WirdatiUNSPECIFIED
CorrectorRahman, RiniUNSPECIFIED
CorrectorWiza, RahmiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN CERAMAH, PEMBELAJARAN TANYA JAWAB
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 21 Feb 2023 02:00
Last Modified: 21 Feb 2023 02:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42347

Actions (login required)

View Item View Item