Pengaruh Fasilitas Hotel terhadap Kepuasan Tamu di UNP Hotel and Convention Padang.

Madani, Brian (2022) Pengaruh Fasilitas Hotel terhadap Kepuasan Tamu di UNP Hotel and Convention Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_BRIAN_MADANI_17135085_6119_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari adanya keluhan tamu tentang fasilitas di Hotel UNP and Convention. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh fasilitas terhadap kepuasan tamudi Hotel UNP and Convention, yang dilatarbelakangi oleh terdapat AC kamar yang tidak dingin yang membuat tamu merasa tidak puas dengan fasilitas yang di berikan, tidak tercapainya harapan tamu seperti wifi yang disediakan oleh hotel sangat jelek, adanya tamu komplain mengenai perlengkapan mandi yang tidak disediakan, adanya tamu yang komplain mengenai kran shower sudah longgar, serta pintu kamar mandi yang tidak dikunci, kondisi kamar mandi yang kurang bersih, serta aliran air yang tidak lancar membuat banyaknya tamu komplain. Jenis peneltian ini adalah penelitian kuantitatif dengan bentuk hubungan kausal. Penelitian ini dilaksanakan di Hotel UNP and Convention.. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas (fasilitas) dan variabel terikat ( Kepuasantamu). Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung yang datang keHotel UNP and Convention. Responden penlitian ini berjumlah 89 orang yang di peroleh dengan teknik sampelnon probability sampling. Jenis data menggunakan data primer dan data sekunder. Pengumpulan data menggunakan komunikasi tidak langsung atau menyebarkan angket. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner (angket) yang disusun menurut skala likert. Uji coba instrumen dilakukan dengan cara uji validitas dan uji reabilitas. Langkah-langkah menganalisis data statistik dasar hasil penelitian dan deskripsi data. Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji linearitas. Hasil penelitian ini adalah fasilitas di Hotel UNP and Convention menunjukan secara keseluruhan termasuk dalam kategori baik dengan persentase 66,29%.dan kepuasan tamu termasuk dalam kategori baik dengan persentase 60,67%.Terdapat pengaruh yang signifikan antara fasilitas terhadap Kepuasan Tamu di UNP Hotel And Convention Padang dengan nilai R Square sebesar 0,224, dengan sig.0,000 < 0,05 artinya pengaruh fasilitas terhadap kepuasan pengunjung sebesar 22,4% sedangkan 77,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang belum diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorManvi, Kurni IllahiUNSPECIFIED
CorrectorFerdian, FeriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: FASILITAS, KEPUASAN TAMU, HOTEL
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan - D4
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 17 Feb 2023 07:28
Last Modified: 17 Feb 2023 07:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42320

Actions (login required)

View Item View Item