Implementasi Program Badan Usaha Milik Nagari (Bumnag) dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat di Nagari Pakandangan Kecamatan Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman

Dani, Ade Okta Reza (2022) Implementasi Program Badan Usaha Milik Nagari (Bumnag) dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat di Nagari Pakandangan Kecamatan Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_05_ADE_OKTA_REZA_DANI_18042002_6831_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan UU No.6 Tahun 2014 tentang Desa disebutkan bahwa pembangunan desa bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup manusia serta penanggulangan kemiskinan. Dalam menjalankan peranannya tersebut, pemerintah nagari dapat menumpukkan misinya tersebut pada Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag). BUMNag didasarkan pada kebutuhan dan potensi nagari yang dikelola oleh pemerintah nagari dan masyarakat nagari dengan tujuan meningkatkan perekonomian nagari serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Di Kabupaten Padang Pariaman yang telah membentuk Badan Usaha Milik Nagari adalah Nagari Pakandangan Kecamatan Enam Lingkung, yaitu BUMNag Pakandangan EMAS, berdiri sejak 6 Juni 2016, dan resmi didirikan pada tahun 2017. Usaha yang ada di BUMNag Pakandangan EMAS adalah simpan pinjam syariah, bank sampah, dan pertanian jagung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan teknik triangulasi metode dan trianggulasi sumber. Analisi data dilakukan melalui tiga tahap yaitu tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan implementasi program BUMNag dalam meningkatkan pendapatan masyarakat di Nagari Pakandangan Kecamatan Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman telah terlaksana dengan adanya unit-unit usaha program simpan pinjam syariah, bank sampah dan pertanian jagung. Melalui program tersebut, program BUMNag belum sepenuhnya berjalan dengan optimal karena dalam pelaksanaannya masih menemukan beberapa permaslaahan dan hambatan, sehingga dapat disimpulkan bahwa BUMNag belum dapat meningkatkan pendapatan masyarakat di Nagari Pakandangan Kecamatan Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEriayanti, FitriUNSPECIFIED
CorrectorAdnan, M. FachriUNSPECIFIED
CorrectorMaani, Karjuni Dt.UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PROGRAM BADAN USAHA MILIK NAGARI, PENDAPATAN MASYARAKAT
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 16 Feb 2023 03:59
Last Modified: 16 Feb 2023 03:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42300

Actions (login required)

View Item View Item