Pengembangan Model Pembelajaran Kelas Digital Berbasis Stem untuk Meningkatkan Kemampuan 6 C Siswa Sekolah Dasar: Penelitian Unggul Perguruan Tinggi Dasar

Zainil, Melva and Rahmatina, Rahmatina and Indrawati, Tin and Dhea, Fadisya Ivana and Camara, Radila Yuri (2022) Pengembangan Model Pembelajaran Kelas Digital Berbasis Stem untuk Meningkatkan Kemampuan 6 C Siswa Sekolah Dasar: Penelitian Unggul Perguruan Tinggi Dasar. Project Report. Universitas Negeri Padang, Padang.

[img]
Preview
Text
MELVA_ZAINIL_LAPORAN_KEMAJUAN_1.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

[Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlunya model pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan teknologi dan perkembangan karakteristik siswa sekolah dasar yang dapat mencapai kemampuan 6 C. Kemampuan 6 C merupakan kemampuan yang menjadi tujuan pendidikan di era 4.0. Tujuan penelitian ini secara umum adalah mengembangkan model pembelajaran kelas digital berbasis STEM untuk meningkatkan kemampuan 6 C siswa sekolah dasar. Tujuan penelitian ini pada tahun pertama adalah mengkaji analisis kebutuhan pengembangan model pembelajaran kelas digital berbasis STEM dan mengembangkan model pembelajaran kelas digital berbasis STEM untuk meningkatkan kemampuan 6 C siswa sekolah dasar yang valid. Tujuan penelitian ini pada tahun kedua adalah untuk mengkaji efektivitas pengembangan model pembelajaran kelas digital berbasis STEM untuk meningkatkan kemampuan 6 C siswa sekolah dasar dan mengkaji praktikalitas pengembangan model pembelajaran kelas digital berbasis STEM untuk meningkatkan kemampuan 6 C siswa sekolah dasar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD yang berada di Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan desain Borg dan Gall. Adapun tahapan penelitian ini adalah (1) Research and information collecting. (2) Planning. (3) Develop preliminary form of product. (4) Preliminary field testing. (5) Main product revision. (6) Main field testing. (7) Operational product revision. (8) Operational field testing. (9) Final product revision (10) Dissemination and implementation. Luaran wajib yang akan dicapai pada penelitian ini adalah 1 jurnal internasional yang terindeks scopus Q3 pada jurnal The Journal of Education and e-Learning Research dengan link URL https://www.asianonlinejournals.com/index.php/JEELR. Penelitian ini mendukung ketercapaian RIP UNP 2020-2024. Penelitian ini mendukung program unggulan Universitas Negeri Padang tentang layanan digital pembelajaran dengan topik model pembelajaran era revolusi industri 4.0. TKT ini berada pada TKT 2 sehingga TKT yang diusulkan merupakan TKT 3. Hal ini dikarenakan penelitian ini telah memiliki prinsip dasar dan formulasi konsep sehingga diperlukan pembuktian secara analitis maupun secara eksperimental.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 10 Feb 2023 04:13
Last Modified: 27 Feb 2023 06:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42231

Actions (login required)

View Item View Item