Motivasi Orang Tua Memilih Kelompok Bermain Sebagai Alternatif Pendidikan Anak Usia Dini pada Kelompok Bermain Alhidayah Durian Kadok Kec.V Koto Kampung Dalam

Tamimi, Yumna (2022) Motivasi Orang Tua Memilih Kelompok Bermain Sebagai Alternatif Pendidikan Anak Usia Dini pada Kelompok Bermain Alhidayah Durian Kadok Kec.V Koto Kampung Dalam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_YUMNA_TAMIMI_17005139_6088_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Kelompok Bermain Alhidayah memiliki keunggulan yaitu anak-anak di kelompok bermain ini dituntun untuk menghafal ayatayat pendek dan Asmaul Husna. Bagusnya pembelajaran disekolah tersebut, dan kegiatannya pembelajaran diarahkan dengan tepat sehingga anak-anak mendapatkan bekal yang cukup saat lulus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi internal dan motivasi eksternal orang tua memilih kelompok bermain alhidayah Durian Kadok Kec.V Koto Kampung Dalam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan sumber data yang terdiri atas subyek penelitian, yaitu orang tua wali murid Kelompok Bermain Alhidayah Durian Kadok Kec. V Koto Kampung Dalam, dan informan penelitian, yaitu guru dan orang tua murid Kelompok Bermain Alhidayah. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan analisis data yang digunakan yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikkan kesimpulan, serta teknik keabsahan data hasil penelitian ini dilakukan dengan cara triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi orang tua memilih Kelompok Bermain sebagai alternatif pendidikan anak usia dini pada Kelompok Bermain Alhidayah Durian Kadok Kec. V Koto Kampung Dalam yaitu (1) Motivasi internal orang tua memilih Kelompok Bermain Alhidayah sebagai alternatif pendidikan anak usia dini diantaranya seperti prestasi, kebutuhan, tanggung jawab, harapan, dan kepuasan kerja, (2) Motivasi eksternal orang tua memilih kelompok bermain Alhidayah sebagai alternatif pendidikan anak usia dini diantaranya seperti keunggulan sekolah, kondisi lingkungan, dan fasilitas. Disarankan bagi lembaga untuk mempertahankan prestasi, keunggulan, kondisi lingkungan sekolah serta meningkatkan fasilitas belajar dan kepada orang tua diharapkan kerjasama dan memberikan dukungan kepada anak-anak dan lembaga secara materi dan non materi agar perkembangan dan perbaikan menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorJalius, JaliusUNSPECIFIED
CorrectorSetiawati, SetiawatiUNSPECIFIED
CorrectorAini, WirdatulUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 25 Jan 2023 02:06
Last Modified: 25 Jan 2023 02:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41994

Actions (login required)

View Item View Item