Analisis Kesiapan Belajar Siswa dalam Mengikuti Proses Pembelajaran di SMK Negeri 1 Lembah Melintang

Fitria, Yuni (2022) Analisis Kesiapan Belajar Siswa dalam Mengikuti Proses Pembelajaran di SMK Negeri 1 Lembah Melintang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_YUNI_FITRIA_16006173_6060_2022.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Kesiapan belajar adalah suatu kondisi yang membuat individu siap untuk memberi respon yang ada pada dirinya ketika melakukan kegiatan belajar agar dapat mecapai tujuan pengajaran tertentu. Kesiapan dalam proses pembelajaran merupakan hal yang sangat penting bagi siswa ketika mengikuti pembelajaran agar dapat mencapai tujuan pembelajaran yang optimal. Namun, fenomena yang ditemukan di lapangan yaitu saat proses pembelajaran dimulai siswa tidak dapat merespon pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh guru, ketidakmampuan peserta didik untuk mengingat kembali pelajaran yang telah diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesiapan belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran di SMK Negeri 1 Lembah Melintang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 1 Lembah Melintang Penelitian ini mengunakan teknik Proportional Stratifed Random Sampling. Penelitian dilaksanakan dengan mengumpulkan data menggunakan angket model skala Likert. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Secara umum, kesiapan belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran berada pada kategori sedang dengan persentase 64,31%. (2) Berdasarkan aspek-aspek kesiapan belajar, yaitu kesiapan belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran berdasarkan kesiapan fisik berada pada kategori sedang dengan persentase 54,42%, kesiapan belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran berdasarkan kesiapan mental berada pada kategori sedang dengan persentase 67,14%, kesiapan belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran berdasarkan kesiapan emosiaonal berada pada kategori sedang dengan persentase 76,68%, kesiapan belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran berdasarkan kesiapan kebutuhan berada pada kategori sedang dengan persentase 47,7%, kesiapan belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran berdasarkan motif dan tujuan berada pada kategori sedang dengan persentase 49,47%, kesiapan belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran berdasarkan keterampilan berada pada kategori tinggi dengan persentase 29,68%, kesiapan belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran berdasarkan pengetahuan berada pada kategori tinggi dengan persentase 48,06%, dan kesiapan belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran berdasarkan pengertian lain berada pada kategori sedang dengan persentase 61,84%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRidha, MursyidUNSPECIFIED
CorrectorNirwana, HermanUNSPECIFIED
CorrectorYuca, VerlandaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 25 Jan 2023 01:27
Last Modified: 25 Jan 2023 01:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41991

Actions (login required)

View Item View Item