Fitria, Yuni
(2022)
Analisis Kesiapan Belajar Siswa dalam Mengikuti Proses
Pembelajaran di SMK Negeri 1 Lembah Melintang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Kesiapan belajar adalah suatu kondisi yang membuat individu siap untuk
memberi respon yang ada pada dirinya ketika melakukan kegiatan belajar agar
dapat mecapai tujuan pengajaran tertentu. Kesiapan dalam proses pembelajaran
merupakan hal yang sangat penting bagi siswa ketika mengikuti pembelajaran
agar dapat mencapai tujuan pembelajaran yang optimal. Namun, fenomena yang
ditemukan di lapangan yaitu saat proses pembelajaran dimulai siswa tidak dapat
merespon pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh guru, ketidakmampuan
peserta didik untuk mengingat kembali pelajaran yang telah diberikan. Penelitian
ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesiapan belajar siswa dalam mengikuti
proses pembelajaran di SMK Negeri 1 Lembah Melintang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan metode
kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 1 Lembah
Melintang Penelitian ini mengunakan teknik Proportional Stratifed Random
Sampling. Penelitian dilaksanakan dengan mengumpulkan data menggunakan
angket model skala Likert. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Secara umum, kesiapan belajar
siswa dalam mengikuti proses pembelajaran berada pada kategori sedang dengan
persentase 64,31%. (2) Berdasarkan aspek-aspek kesiapan belajar, yaitu kesiapan
belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran berdasarkan kesiapan fisik
berada pada kategori sedang dengan persentase 54,42%, kesiapan belajar siswa
dalam mengikuti proses pembelajaran berdasarkan kesiapan mental berada pada
kategori sedang dengan persentase 67,14%, kesiapan belajar siswa dalam
mengikuti proses pembelajaran berdasarkan kesiapan emosiaonal berada pada
kategori sedang dengan persentase 76,68%, kesiapan belajar siswa dalam
mengikuti proses pembelajaran berdasarkan kesiapan kebutuhan berada pada
kategori sedang dengan persentase 47,7%, kesiapan belajar siswa dalam
mengikuti proses pembelajaran berdasarkan motif dan tujuan berada pada kategori
sedang dengan persentase 49,47%, kesiapan belajar siswa dalam mengikuti proses
pembelajaran berdasarkan keterampilan berada pada kategori tinggi dengan
persentase 29,68%, kesiapan belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran
berdasarkan pengetahuan berada pada kategori tinggi dengan persentase 48,06%,
dan kesiapan belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran berdasarkan
pengertian lain berada pada kategori sedang dengan persentase 61,84%.
Actions (login required)
|
View Item |