Ersya, Afifa Nadhifa
(2022)
Hubungan Antara Motivasi Belajar Intrinsik dan Motivasi Belajar Ekstrinsik Dengan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SD Negeri Gugus Anai Silaing Bawah.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini didasarkan pada rendahnya motivasi belajar dan hasil belajar
peserta didik. Hal ini ditandai dengan fenomena yang terjadi saat proses
pembelajaran seperti peserta didik yang tidak memperhatikan guru, tidur, dan
berbicara dengan temannya saat pembelajaran berlangsung, sehingga hasil belajar
peserta didik rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah ada
hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar
peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SD Negeri Gugus
Anai Silaing Bawah.
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Gugus Anai Kota Padang Panjang
dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun jenis penelitiannya adalah
korelasional. Penelitian ini melibatkan populasi dengan jumlah 100 siswa. Sampel
dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Gugus Anai Silaing Bawah
Kota Padang Panjang sebanyak 80 siswa. Data dikumpulkan dengan instrumen
penelitian berupa angket dengan 40 item pernyataan yang diuji coba dan
dinyatakan valid. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
korelasi product moment dengan menggunakan bantuan program IBM SPSS 21.0.
Dari analisis data yang dilakukan diperoleh nilai Pearson Correlation
sebesar 0,591 dan r tabel dengan df=80 pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,220 ,
yang artinya r hitung lebih besar dari r tabel (0,591>0,220). Dan nilai signifikansi
yang didapatkan sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05). Dengan
demikian dapat disimpulkan ada hubungan yang positif dan signifikan antara
motivasi belajar dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik terpadu di
kelas IV SD Negeri Gugus Anai Silaing Bawah
Actions (login required)
|
View Item |