Hubungan Antara Motivasi Belajar Intrinsik dan Motivasi Belajar Ekstrinsik Dengan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SD Negeri Gugus Anai Silaing Bawah.

Ersya, Afifa Nadhifa (2022) Hubungan Antara Motivasi Belajar Intrinsik dan Motivasi Belajar Ekstrinsik Dengan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SD Negeri Gugus Anai Silaing Bawah. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_Afifa_Nadhifa_Ersya_17129186_1917_2022.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada rendahnya motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik. Hal ini ditandai dengan fenomena yang terjadi saat proses pembelajaran seperti peserta didik yang tidak memperhatikan guru, tidur, dan berbicara dengan temannya saat pembelajaran berlangsung, sehingga hasil belajar peserta didik rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah ada hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SD Negeri Gugus Anai Silaing Bawah. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Gugus Anai Kota Padang Panjang dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun jenis penelitiannya adalah korelasional. Penelitian ini melibatkan populasi dengan jumlah 100 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Gugus Anai Silaing Bawah Kota Padang Panjang sebanyak 80 siswa. Data dikumpulkan dengan instrumen penelitian berupa angket dengan 40 item pernyataan yang diuji coba dan dinyatakan valid. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi product moment dengan menggunakan bantuan program IBM SPSS 21.0. Dari analisis data yang dilakukan diperoleh nilai Pearson Correlation sebesar 0,591 dan r tabel dengan df=80 pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,220 , yang artinya r hitung lebih besar dari r tabel (0,591>0,220). Dan nilai signifikansi yang didapatkan sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan ada hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SD Negeri Gugus Anai Silaing Bawah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZuardi, ZuardiUNSPECIFIED
CorrectorArwin, ArwinUNSPECIFIED
CorrectorYunisrul, YunisrulUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 25 Jan 2023 01:27
Last Modified: 25 Jan 2023 01:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41990

Actions (login required)

View Item View Item