Pengembangan E-modul Berbantuan Video Pembelajaran tentang Materi Jaringan Hewan untuk Peserta Didik Kelas XI SMA

Aziza, Afifah Nurrahmah (2022) Pengembangan E-modul Berbantuan Video Pembelajaran tentang Materi Jaringan Hewan untuk Peserta Didik Kelas XI SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_AFIFAH_NURRAHMAH_AZIZA_17031054_731_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam proses pembelajaran, yang penting untuk diperhatikan adalah bagaimana penyampaian konsep dan materi dengan baik dan dapat diterima oleh peserta didik. Kegiatan proses pembelajaran memang tidak hanya melibatkan pendidik dan peserta didik, bahan ajar memiliki peranan yang penting dan sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran. Rendahnya minat belajar peserta didik dan kesulitan yang dialaminya dalam memahami materi menuntut pendidik untuk semakin kreatif dan inovatif dalam mengajar dan membuat bahan ajar. Cepatnya perkembangan teknologi informasi memberikan perubahan besar dalam bidang pendidikan. Salah satunya dalam proses pembelajaran yang telah menggunakan media atau bahan ajar dengan bantuan teknologi informasi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul berbantuan video pembelajaran tentang materi jaringan hewan yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan 3 tahapan dari model pengembangan 4D (four-D models) yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (develop). Subjek penelitian terdiri dari dua orang dosen jurusan Biologi FMIPA UNP dan satu orang guru SMA Adabiah 2 Padang sebagai validator. Sebanyak 30 orang peserta didik kelas XI beserta satu orang guru biologi kelas XI SMA Adabiah 2 Padang sebagai subjek uji praktikalitas. Objek penelitian ini adalah emodul berbantuan video pembelajaran tentang materi jaringan hewan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket wawancara guru, angket observasi peserta didik, angket uji validitas oleh validator, dan angket uji praktikalitas oleh guru dan peserta didik. Teknik analisis data dilakukan dengan secara kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, hasil uji validitas secara keseluruhan diperoleh nilai rata-rata sebesar 88,8% dengan kriteria valid. Sedangkan untuk hasil uji praktikalitas oleh guru diperoleh nilai rata-rata sebesar 92,88% yang tergolong kriteria sangat praktis, dan untuk uji praktikalitas oleh peserta didik diperoleh nilai rata-rata sebesar 87,57% dengan kriteria praktis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa e-modul berbantuan video pembelajaran tentang materi jaringan hewan untuk peserta didik SMA kelas XI yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dan praktis sehingga layak digunakan dalam pembelajaran biologi di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHelendra, HelendraUNSPECIFIED
CorrectorSyamsurizal, SyamsurizalUNSPECIFIED
CorrectorYogica, RelsasUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QL Zoology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 20 Jan 2023 06:51
Last Modified: 20 Jan 2023 06:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41925

Actions (login required)

View Item View Item