Sari, Ratna
(2022)
Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah
Sambung dengan Metode Talaqqi pada Anak Gangguan Spketrum Autis.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi tentang permasalahan yang penulis temukan di
disability and parent help. pada penelitian ini peneliti mendeskripsikan tentang
seorang seseorang siswa (X) yang memiliki gangguan spektrum autisme, berusia
kurang lebih 7 tahun. Siswa (X) mampu membaca huruf hijaiyah dari alif ( I )
sampai ya (ى ) namun terkendala pada saat membaca huruf hijaiyah sambung.
Tujuan penelitian ini pada siswa (X) yaitu meningkatkan kemampuan membaca
huruf hijaiyah sambung menggunakan metode talaqqi pada anak gangguan
spektrum autisme.
Penelitian inni menggunakan metode single subjecr research (SSR) dengan
desain A-B-A. Pada Basaline A1 (kondisi awal) dilakukan pengamatan sebanyak
empat kali dimana memperoleh hasil persentase sebanyak 30% hingga 50%, pada
saat melakukan intervensi menggunakan metode talaqqi yang dilakukan
pengamatan sebanyak sembilan kali dan memperoleh hasil persentase 52,78%
sampai 100%, sedangkan pada baseline A2 setelah tidak diberikan perlakukan lagi
dimana dilakukan pengamatan sebanyak tiga kali dan memperoleh hasil pesentase
stabil dari awal hingga akhir yaitu 100%.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan
membaca huruf hijaiyah sambung menggunakan metode talaqqi di tambah media
bantu kartu hijaiyah berwarna menarik pada anak gangguan spektrum autisme dan
hasilnya meningkat atau telah stabil. Dengan demikian metode talaqqi dibantu
dengan media kartu hijaiayah sambung mampu meningkatkan kemampuan
membaca huruf hijaiyah sambung pada anak dengan gangguan spketrum autisme
Actions (login required)
|
View Item |