Efektivitas Metode Phonic untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan bagi Anak Berkesulitan Belajar Kelas IV

Lestari, Nera (2022) Efektivitas Metode Phonic untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan bagi Anak Berkesulitan Belajar Kelas IV. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_Nera_Lestari_18003103_5294_2022.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari permasalahan yang peneliti temukan di SDN 17 Jawa Gadut, seorang anak kesulitan belajar membaca kelas IV belum mampu membaca permulaan terutama kata berpola KV-KVK. Berdasarkan tersebut peneliti memberikan motivasi berupa metode phonic untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dalam bentuk Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. berdasarkan hasil penelitian pada baseline A1 yang dilakukan sebanyak empat kali pertemuan anak belum mampu membaca kata berpola KV-KVK dengan benar. Pada kondisi intervensi B yang diamati dalam delapan kali pertemuan terlihat kemampuan anak meningkat anak mampu dalam membaca kata berpola KV-KVK dengan benar. Sedangkan kondisi baseline A2 yang dilakukan sebanyak empat kali pertemuan terlihat kemampuan anak meningkat setelah diberikannya intervensi menggunakan metode phonic. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa metode phonic efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca kata berpola KV-KVK pada anak kesulitan belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSopandi, Ahmad AsepUNSPECIFIED
CorrectorArdisal, ArdisalUNSPECIFIED
CorrectorMartias., ZUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 18 Jan 2023 03:54
Last Modified: 18 Jan 2023 03:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41805

Actions (login required)

View Item View Item