Lestari, Nera
(2022)
Efektivitas Metode Phonic untuk Meningkatkan Kemampuan
Membaca Permulaan bagi Anak Berkesulitan Belajar Kelas IV.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari permasalahan yang peneliti temukan di
SDN 17 Jawa Gadut, seorang anak kesulitan belajar membaca kelas IV belum
mampu membaca permulaan terutama kata berpola KV-KVK. Berdasarkan tersebut
peneliti memberikan motivasi berupa metode phonic untuk meningkatkan
kemampuan membaca permulaan pada anak
Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dalam bentuk Single
Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. berdasarkan hasil penelitian pada
baseline A1 yang dilakukan sebanyak empat kali pertemuan anak belum mampu
membaca kata berpola KV-KVK dengan benar. Pada kondisi intervensi B yang
diamati dalam delapan kali pertemuan terlihat kemampuan anak meningkat anak
mampu dalam membaca kata berpola KV-KVK dengan benar. Sedangkan kondisi
baseline A2 yang dilakukan sebanyak empat kali pertemuan terlihat kemampuan
anak meningkat setelah diberikannya intervensi menggunakan metode phonic.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa metode phonic efektif dalam
meningkatkan kemampuan membaca kata berpola KV-KVK pada anak kesulitan
belajar.
Actions (login required)
|
View Item |