Efektivitas Media Binder Suku Kata dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Kesulitan Belajar Kelas IV di SD Negeri 12 Pisang (Single Subject Research)

Oktafiana, Nadia (2022) Efektivitas Media Binder Suku Kata dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Kesulitan Belajar Kelas IV di SD Negeri 12 Pisang (Single Subject Research). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_Nadia_Oktafiana_17003142_5475_2022.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Membaca merupakan suatu kegiatan yang wajib dikuasi dan harus dimiliki oleh setiap individu. Bagi siswa kesulitan belajar khususnya siswa disleksia hal tersebut merupakan suatu hal yang sangat sulit. Masalah ini ditemukan di SD Negeri 12 Pisang. Dimana seorang anak yang duduk dibangku kelas tinggi yaitu kelas IV SD memiliki kemampuan membaca yang rendah berdasarkan hasil asesmen membaca permulaan (membaca kata berpola KV - KV) dengan perolehan persentase yaitu 30%. Tujuan dari penelitian ini adalah melihat seberapa efektif media binder suku dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan seorang siswa disleksia kelas IV di SD Negeri 12 Pisang. Penelitian ini berfokus pada pengukuran dibidang akademik yaitu membaca permulaan khususnya membaca kata berpola KV-KV. Jenis dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang berbentuk SSR (Single Subject Research) dengan menggunakan desain A-B-A yang dilakukan dalam tiga fase/kondisi. Pada kondisi baseline (A 1 ) dilakukan sebanyak tiga kali pengamatan dengan hasil persentase yaitu 13%, 13%, 13%. Kemudian pada kondisi intervensi (B) dilakukan sebanyak tujuh kali pengamatan dengan perolehan persentase yaitu 43%, 63%, 86%, 80%, 100%, 100%, 100%. Sedangkan pada kondisi baseline (A 2 ) dilakukan sebanyak empat kali pengamatan dengan perolehan persentase yaitu 93%, 100%, 100%, 100%. Data dianalisis dengan statistik deskriptif sederhana dengan metode analisis visual grafik. Dari pembahasan penelitian ini membuktikan bahwa intervensi menggunakan media binder suku kata ini efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan khususnya membaca kata berpola KV-KV pada anak kesulitan belajar (disleksia).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKasiyati, KasiyatiUNSPECIFIED
CorrectorDamr, DamriUNSPECIFIED
CorrectorMahdi, ArisulUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 17 Jan 2023 03:24
Last Modified: 17 Jan 2023 03:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41764

Actions (login required)

View Item View Item