Rabbani, Nabilah Wadiah
(2022)
Pengelolaan Lembaga Kursus dan Pelatihan
(LKP) Amani Rumah Belajar di Kota Batam.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena unik yang ada pada program
pelatihan kerja Lembaga Kursus dan Latihan (LKP) Amani Rumah Belajar di
Lembaga ini yang memiliki program-program yang bergerak di sektor garmen dan
bordir dan fashion. khususnya di Kepulauan Riau. Lembaga Kursus dan Latihan
(LKP) Amani Rumah Belajar ini bekerja bersama dengan Dinas Pemberdayaan
Perempuan, Disnaker yang selalu mempercayai Lembaga dan menyediakan sarana
dan prasarana terlengkap ketika hendak mengadakan pelatihan. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Pengelolaan Lembaga Kursus
dan Pelatihan (LKP) Amani di Kota Batam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode penelitian
studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini adalah pengelola, tutor dan 5 peserta
didik di Lembaga Kursus dan Pelatihan Rumah Belajar Amani. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara,
observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah reduksi data, penyajian
data dan kesimpulan. Teknik validasi data menggunakan triangulasi metode,
triangulasi sumber dan triangulasi teori.
Hasil penelitian ini menunjukkan (1) pada komponen perencanaan briefing
sebelum setiap kegiatan (2) pada komponen pengorganisasian dengan
mengelompokkan peserta didik menjadi 3 forum di masing-masing bidang yaitu
kelompok yang belum bisa menjahit, kelompok yang bisa menjahit, kelompok
yang bisa menjahit tapi belum bisa menggunakan alat (3) pada komponen
penggerakan yang saat ini dilakukan Pengelola/insrtuktur adalah dengan
memberikan arahan tidak langsung kepada peserta didik yang sedang mengikuti
kursus pelatihan menjahit ini. Namun biasanya Pengelola/insrtuktur menekankan
kepada peserta didik untuk serius berlatih di forumnya masing-masing, karena
mereka adalah tim yang sangat dihargai kekompakan dan keterkaitannya.
penggerakan yang dilakukan kebanyakan dari tutor dan pengurus. (4) pada
komponen pengawasan langsung peserta didik yang mengikuti pelatihan kursus
menjahit ini. Hal ini dikarenakan kesibukan yang dialami oleh Pengelola sendiri,
Pengelola memberikan arahan kepada insrtuktur dan insrtuktur yang akan
memberikan pengawasan langsung kepada peserta didik.
Actions (login required)
|
View Item |