Pengaruh Minat Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi Dimasa Pandemi Covid 19 Di SMK Negeri 1 Padang

Luantika, Dinna (2022) Pengaruh Minat Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi Dimasa Pandemi Covid 19 Di SMK Negeri 1 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_1_DINNA_LUANTIKA_18061021_2490_2022.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh minat terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi dimasa pandemi covid 19 kelas XII kompetensi keahlian Bisnis Konstruksi dan Properti di SMK Negeri 1 Padang. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode penyebaran angket. Sedangkan sampel dalam penelitian ini diambil dari semua populasi yaitu siswa kelas XII Kompetensi Keahlian Bisnis Konstruksi dan Properti di SMK Negeri 1 Padang dengan jumlah siswa 48. Hasil penelitian yang dilakukan dari uji korelasi diketahui jika R_(hitung )untuk minat (X) dan hasil belajar (Y) adalah sebesar 0,405 ≥ R_(tabel ) 0,284, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi antara minat (X) dan hasil belajar (Y) dan kriteria kekuatan hubungannya sedang. Sedangkan dari hasil analisis uji t, diketahui jika t_(hitung ) (3,005) ≥ dari pada t_(tabel ) (1,677) dengan taraf signifikan 0,05 maka dengan demikian Ho ditolak.Kemudian dari pengujian koefisien determinasi dapat dilihat bahwa hasilnya adalah 0,405 atau sama dengan 16,4% yang ditunjukkan oleh R square (angka korelasi yang dikuadratkan), artinya bahwa pengaruh dari X (Minat) terhadap Y (Hasil Belajar) yaitu 16,4% sedangkan 83,6% dipengaruhi oleh faktor lain sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang lemah antara minat terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyah,, NurhasanUNSPECIFIED
CorrectorYustisia, HennyUNSPECIFIED
CorrectorAndreas, Laras OktaviaUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 12 Jan 2023 07:24
Last Modified: 12 Jan 2023 07:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41633

Actions (login required)

View Item View Item