Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Metode Fernald pada Siswa Berkesulitan Belajar

Shafira, Aulia (2022) Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Metode Fernald pada Siswa Berkesulitan Belajar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_Aulia_Shafira_18003054_5128_2022.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Salah satu jenis kesulitan belajar adalah kesulitan belajar membaca yang merupakan suatu gangguan neurologis berupa kesulitan anak dalam melakukan proses pengolahan informasi, menyimpan dan memproses bunyi, visual dan kinestetik, serta pengontrolan keseimbangan gerakan mata dan tangan. Keterampilan awal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan membaca anak yaitu dengan meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak. Metode Fernald merupakan metode belajar membaca jika anak gagal dengan metode lainnya yang melibatkan kerja sensori Visual, Auditori, Kinestetik, dan Takstil (VAKT). Sehingga peneliti memiliki ketertarikan dalam mengangkat permasalahan ini dikarenakan memiliki tujuan untuk membantu anak dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak berkesulitan belajar membaca serta untuk membuktikan efektif atau tidaknya metode fernald dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada subjek penelitian ini. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen yang berbentuk Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Penelitian dilaksanakan dikelas IV SDN 26 Teluk Bayur Padang. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 02 s/d 30 Juli 2022. Subjek penelitian ini adalah seorang anak berkesulitan belajar membaca berusia 9 tahun lebih. Pengumpulan data dilakukan dalam tiga kondisi yaitu kondisi baseline (A), intervensi (B) dan kondisi baseline (A2) dengan 17 kali pertemuan. Pada kondisi (A), tingkat kestabilan data kemampuan membaca permulaan anak berada pada 30%, kemudian pada kondisi (B), tingkat kestabilan data kemampuan membaca permulaan anak berada pada 83%. Selanjutnya pada kondisi (A2) tingkat kestabilan data kemampuan membaca permulaan anak berada pada 88%. Berdasarkan data hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa kemampuan membaca permulaan anak kesulitan belajar meningkat setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan metode fernald di kelas IV SDN 26 Teluk Bayur Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArmaini, ArmainiUNSPECIFIED
CorrectorKasiyati, KasiyatiUNSPECIFIED
CorrectorMahdi, ArisulUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 12 Jan 2023 02:27
Last Modified: 12 Jan 2023 02:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41624

Actions (login required)

View Item View Item