Shafira, Aulia
(2022)
Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan
Menggunakan Metode Fernald pada Siswa Berkesulitan Belajar.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Salah satu jenis kesulitan belajar adalah kesulitan belajar membaca yang
merupakan suatu gangguan neurologis berupa kesulitan anak dalam melakukan
proses pengolahan informasi, menyimpan dan memproses bunyi, visual dan
kinestetik, serta pengontrolan keseimbangan gerakan mata dan tangan.
Keterampilan awal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan
membaca anak yaitu dengan meningkatkan kemampuan membaca permulaan
anak. Metode Fernald merupakan metode belajar membaca jika anak gagal
dengan metode lainnya yang melibatkan kerja sensori Visual, Auditori,
Kinestetik, dan Takstil (VAKT). Sehingga peneliti memiliki ketertarikan dalam
mengangkat permasalahan ini dikarenakan memiliki tujuan untuk membantu anak
dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak berkesulitan
belajar membaca serta untuk membuktikan efektif atau tidaknya metode fernald
dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada subjek penelitian ini.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen yang berbentuk Single
Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Penelitian dilaksanakan dikelas IV
SDN 26 Teluk Bayur Padang. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 02 s/d 30 Juli
2022. Subjek penelitian ini adalah seorang anak berkesulitan belajar membaca
berusia 9 tahun lebih.
Pengumpulan data dilakukan dalam tiga kondisi yaitu kondisi baseline (A),
intervensi (B) dan kondisi baseline (A2) dengan 17 kali pertemuan. Pada kondisi
(A), tingkat kestabilan data kemampuan membaca permulaan anak berada pada
30%, kemudian pada kondisi (B), tingkat kestabilan data kemampuan membaca
permulaan anak berada pada 83%. Selanjutnya pada kondisi (A2) tingkat
kestabilan data kemampuan membaca permulaan anak berada pada 88%.
Berdasarkan data hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa kemampuan membaca
permulaan anak kesulitan belajar meningkat setelah diberikan perlakuan dengan
menggunakan metode fernald di kelas IV SDN 26 Teluk Bayur Padang.
Actions (login required)
|
View Item |