Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperativelearning Tipe CRD di SD

Sari, Surtika and Lena, Mai Sri (2021) Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperativelearning Tipe CRD di SD. Didaktik : Jurnal Ilmiah FKIP Universitas Mandiri, 7 (2). pp. 661-674. ISSN Print: 2477-5673 dan Online : 2614-722X

[img]
Preview
Text
2 MAI_SRI_LENA_245_Article_Text_957_2_10_20220101.pdf

Download (131kB) | Preview
Official URL: https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didakt...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar tematik terpadu dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe CRH. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari guru dan 32 orang peserta didik. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Siklus I dilaksanakan sebanyak 2x pertemuan dan siklus II dilaksanakan sebanyak 1x pertemuan, dengan adanya empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini yaitu :persentase pengamatan RPP siklus I, 78% meningkat pada siklus II, 95%. Hasil pengamatan aspek guru siklus I,78,75%meningkat pada siklus II, 92,5%. Hasil pengamatan peserta didik siklus I, 81,25% meningkat pada sikus II, 92,5%. Hasil belajar peserta didik pada siklus I, 67,18% (C) meningkat pada siklus II 92,4% (SB).

Item Type: Article
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 11 Jan 2023 03:25
Last Modified: 11 Jan 2023 03:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41585

Actions (login required)

View Item View Item